APLIKASI FUZZY-SERVQUAL UNTUK IDENTIFIKASI PREFERENSI KEPUASAN KONSUMEN
(1) Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v4i3.1561
Abstract
Optimasi pelayanan kepada konsumen atau pembeli harus diutamakan oleh pihak pengelola dealer, karena hal ini merupakan salah satu tuntutan yang diharapkan konsumen, dan merupakan salah satu kunci untuk dapat memenangkan persaingan dengan dealer-dealer yang lain terutama dealer-dealer penyedia kendaraan bekas. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan. Metode servqual merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui kriteria-kriteria kualitas yang harus ditingkatkan kualitas pelayanannya berdasarkan gap yang terjadi antara persepsi dan harapan konsumen. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada lima kriteria yang harus diperhatikan dan perlu untuk ditingkatkan pelayanannya oleh pihak pengelola UD. Citra Santosa Motor yaitu: pelayanan kepada pembeli (customer service) dengan nilai –0,054, kondisi kendaraan bekas yang ditawarkan dengan nilai –0,044, harga kendaraan yang ditawarkan dengan nilai -0,027, kelengkapan fasilitas dan lokasi dealer yang strategis dengan nilai 0,057, serta jaminan garansi yang diberikan dengan nilai 0,071.
Keywords
konsumen; persepsi; harapan; dealer
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kertajaya, H. 1998. Marketing Push Siasat Memenangkan Persaingan Global. Edisi Pertama. Salemba, Jakarta
Kusumadewi, S. 2002. Analisis & Desain Sistem Fuzzy Menggunakan Toolbox Matlab. Edisi Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta
Santoso, S. 2000. Latihan SPSS Statistik Parametrik. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Santoso, S.; dan Tjiptono, F. 2001. Riset Pemasaran. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Article Metrics
Abstract view(s): 695 time(s)PDF (Bahasa Indonesia): 582 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.