PERENCANAAN PEMELIHARAAN MESIN BALLMILL DENGAN BASIS RCM (RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE)

Ahmad Kholid Alghofari(1*), Much. Djunaidi(2), Amin Fauzan(3),

(1) Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v5i2.1565

Abstract

Aktifitas produksi sering mengalami hambatan dikarenakan tidak berfungsinya mesin-mesin produksi yang dalam industri manufaktur merupakan komponen utama. Kegagalan beroperasi mesin mengakibatkan downtime yang ujung-ujungnya menurunkan produktifitas perusahaan. Oleh karenanya diperlukan sebuah sistem perencanaan pemeliharaan agar menghasilkan availability (ketersediaan) mesin yang optimal. Perusahaan yang dijadikan proyek penelitian adalah PT. Sici Multi IndoMarmer yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi keramik (kloset jongkok, kloset duduk, washtafel, tempat sabun) dimana sistem pemeliharaan mesin, khususnya mesin ballmill yang telah dilakukan masih bersifat corrective maintenance. Tujuan dari penelitian ini adalah implementasi RCM (reliability centered maintenance) untuk dapat menentukan pemeliharan yang optimal serta dapat memprediksikan langkah untuk mengatasi kerusakan yang mungkin terjadi pada periode berikutnya berdasarkan data-data yang ada. Dari pengolahan data dan analisa diperoleh komponen-komponen yang paling sering mengalami kerusakan pada mesin ballmill , penyebab kegagalan, keputusan seleksi dan rekomendasi yang dianjurkan untuk sistem pemeliharaan dengan basis RCM.

Keywords

RCM; rekomendasi; scheduled maintenance

References

Ben-Daya, M. 2000. You May Need RCM to Enhance TPM Implementation. Journal of Quality in Maintenance Engineering. Vol. 6 No. 2, pp. 82-85.

Blanchard, B.S. 1980. Maintainability : A Key to Effective Serviceability and Maintenance Management. Wiley Series.

Corder, A.S. 1996. Teknik Manajemen Pemeliharaan, Penerbit Erlangga , Jakarta

Dhillon, B.S., 1997. Reliability engineering in system design and operation. Van Nostrand Reinhold Company Inc, Singapore.

Ebeling, C.E. 1997. An introduction reliability and maintainability engineering. The MC. Graw Hill Companier Inc. New York.

Irawan, F. 1998. Perencanaan pemeliharaan dengan basis RCM (reliability centered maintenance) peralatan bongkar muat didarat forklift dan reach stacker milik PT. Meratus Surabaya. Teknik pemesinan kapal ITS, Surabaya.

Jardine, A.K.S & Campbell, J. D. 2001. Maintenance Excellent. Marcel Dekker Inc. New York.

Moubray, John, 1997. Reliability centered maintenance. Industrial press inc. 2nd edition. New York.

Article Metrics

Abstract view(s): 5312 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 3601 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.