EVALUASI KUALITAS KINERJA PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN METODE FOCUSED QUALITY

Much. Djunaidi(1*), Hafidh Munawir(2), Yogi Umi Utami(3),

(1) Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v5i1.1589

Abstract

Seiring dengan banyaknya Perguruan Tinggi di Indonesia, maka suatu lembaga pendidikan dalam hal ini Jurusan Teknik Industri FT-UMS harus dapat meningkatkan kualitas atau kualitas akademik sesuai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu saat sekarang. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi dan menentukan prioritas proses belajar mengajar yang harus ditingkatkan, mengetahui keinginan mahasiswa terhadap proses belajar mengajar, serta untuk memberi informasi dan masukan bagi pihak Jurusan Teknik Industri FT-UMS untuk perbaikan kualitas proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Focused Quality yang merupakan suatu alternatif metode yang dapat digunakan untuk merespon atau mengetahui keinginan konsumen.

Keywords

proses belajar mengajar, focused quality

References

Assauri., Sofyan., 1993. Manajemen Produksi 2. Yogyakarta: BPFE.

Brelin. Harvey K., Davenport. Kimberly S., Jennings. Lyell P., Murphy. Paul F., 1997. Focused Quality, Meningkatkan Mutu Produk Dengan Hasil Nyata. Terjemahan Edi Nugroho. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.

Gaspersz. Vincent., 1997. Manajemen Produktivitas Total. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Hadi. Sutrisno., 1998. Metode Statistik. Yogyakarta: BPFE.

Harjanti., 2005. Penerapan Analisis Cluster dan Analisis SWOT Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran. Skripsi. Surakarta: Teknik Industri Fakultas Teknik UMS.

Kotler. Philip., 1997. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Kurnianingrum. Janti Prihati., 2003. Evaluasi Mutu Pelayanan Pendidikan dengan Metode Focused Quality [Kasus di Perguruan Tinggi Surakarta]. Laporan Kerja Praktek. Surakarta: Teknik Industri Fakultas Teknik UMS.

Kurnianingrum., Janti, Prihati., 2004. Upaya Peningkatan Kualitas Lembaga Pendidikan Dengan Menentukan Prioritas Perbaikan Menggunakan Metode AHP. Laporan Tugas Akhir. Surakarta: Teknik Industri Fakultas Teknik UMS.

Nasir. Mohammad., 1988., Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Sriyanto. Agus., 2004. Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment di Percetakan Jelas Sragen. Laporan Tugas Akhir. Surakarta: Teknik Industri Fakultas Teknik UMS.

Utami, Umi, Yogi., 2005. Analisa Sikap Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Akademik Dengan Metode Skala Guttman [Kasus di Jurusan Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta. Laporan Kerja Praktek. Surakarta: Teknik Industri Fakultas Teknik UMS.

Article Metrics

Abstract view(s): 1413 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 2271 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.