IMPLEMENTASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) GUNA MENINGKATKAN KUALITAS KAIN BATIK TULIS

Jono Jono(1*),

(1) Jurusan Teknik Industri, Universitas Widya Mataram Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v5i1.1592

Abstract

Pemilihan dan pengoptimalan suatu metode yang lebih baik untuk meningkatkan mutu suatu produk atau jasa yang dihasilkan sangat diperlukan oleh perusahaan dewasa ini. Dalam permasalahan ini yang penting untuk diperhatikan oleh suatu perusahaan adalah kesesuaian suatu produk atau jasa yang dihasilkan dengan keinginan dan kepuasan konsumen sehingga dapat berkelanjutan menjadi pelanggan. Salah satu metode untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelangan adalah Quality Function Deployment. Metode ini digunakan oleh industri batik di Nambangan Lor Kotamadya Madiun untuk menentukan technical respon yang harus dilakukan.

Keywords

QFD; voice of customer; house of quality; technical response

References

Akao, Yoji. 1998. Quality Function Deployment: Intergrating Customer Requirement into Product Design. Oregon: Productivity Press.

Besterfield, Date. 1995. “Total Quality Management”, Prentice Hall, Englewood Cliff Jersey.

Cohen, Lou. 1995. “Quality Function Deployment, How to Make QFD Work for You”. Massachussetts: Addison Wesley Publishing Company,.

Day, Ronald G. 1993. Quality Function Deployment : Linking a Company with Its Customers. Milwaukee, Wilconsin: ASQC Quality Press.

Gasperz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas, Penerapan Konsep-konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: Yayasan Indonesia Emas dan Gramedia Pustaka Utama.

Article Metrics

Abstract view(s): 1830 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 4531 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.