ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN ”STAGEN” PADA AKTIVITAS ANGKAT-ANGKUT DI PASAR LEGI SURAKARTA

Muchlison Anis, Ahmad Kholid Alghofari, Hanik Muslikhatun

DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v6i1.1635

Abstract

Aktivitas angkat-angkut adalah sebuah aktivitas yang masih dilakukan secara manual tenaga manusia seperti yang terdapat di Pasar Legi Surakarta. Aktivitas tersebut dapat menyebabkan terjadinya sikap kerja yang tidak alamiah seperti tubuh terlalu membungkuk karena pembebanan terlalu berat dan tidak merata yang mengakibatkan cedera otot skeletal (keluhan Muskuloskeletal). Oleh karena itu untuk menguranginya dilakukan penelitian untuk memberikan perbaikan seperti dengan menggunakan stagen dan korset sebagai landasan punggung dalam melakukan aktivitas. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi yang langsung melibatkan pekerja yang dipilih secara purposive sampling. Selain itu juga dilakukan studi pustaka dan wawancara langsung kepada pekerja. Penelitian yang dilakukan adalah pengukuran keluhan subyektif dengan Nordic Body Map. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data keluhan subjektif berupa gangguan otot skeletal dapat dijelaskan bahwa melakukan aktifitas angkat-angkut tanpa menggunakan fasilitas kerja sebagai landasan punggung (P0) mempunyai rerata total skor gangguan otot skeletal paling tinggi yaitu 51,60 + 6,96. Rerata total skor gangguan otot skeletal menurun sedikit pada perlakuan dengan menggunakan korset (P1) yaitu 50,10 + 7,62. selanjutnya pada perlakuan kedua (P2) rerata gangguan otot skeletal mengalami penurunan kembali menjadi 38,00 + 3,68. Perbedaan rerata total skor gangguan otot skeletal tersebut secara statistik adalah signifikan (p<0,05).

Keywords

sikap kerja; beban kerja; gangguan muskuloskeletal

References

Nurmianto, Eko. 2003. Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. PT. Guna Widya. Surabaya.

Suma’mur, P. K. 1982. Ergonomi untuk Produktivitas Kerja. Yayasan Swabhawa Karya. Jakarta.

Suma’mur, P. K. 1984. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. PT. Gunung Agung. Jakarta.

Tarwaka; Hadi, Solihul; , dan Sudiajeng, Lilik. 2004. Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Uniba Press. Surakarta.

Winar, Frank; Netrawati, Iga Oka; Ardiana, I Wayan. Gangguan Muskuloskeletal Meningkatkan Beban Kerja Porter di Terminal Ubung. Editor: M. Sutajaya. 2001. Proceeding Seminar Nasional Ergonomi 2001. Udayana University Press. Bali.

Article Metrics

Abstract view(s): 284 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 97 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.