ANALISA DISTRIBUSI PRODUK DENGAN PENDEKATAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DAN APLIKASI BEER GAME

Indah Pratiwi(1*), Ratnanto Fitriadi(2), Rika Triati Hapsari(3),

(1) Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v6i1.1637

Abstract

Di dunia industri terutama menyangkut pendistribusian produk saat ini masih sering terdapat bullwhip effect, yaitu adanya simpangan yang jauh antara persediaan yang ada dengan permintaan. Hal ini dikarenakan kesalahan dari interpretasi data permintaan di rantai distribusi dan sistem informasi didalam sistem pendistribusiannya, yang disebabkan kurang terintegrasinya level-level supply chain dalam menyampaikan informasi permintaan dari konsumen ke level atasnya. Hal itu juga yang dialami oleh PT Bangun Indopralon Sukses Cabang Yogyakarta yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pendistribusian produk tangki air, pipa PVC, pintu PVC, sambungan, slang air, ember cor, pagar BRC dan talang di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Dimana terdapat masalah pengiriman dengan lead time yang terlalu lama membuat retailer tidak dapat memperhitungkan persediaan ketika melakukan pemesanan. Karena itu terjadi bullwhip effect di 11 retailer untuk pengukuran ω1 pada pengukuran upstream. Untuk melakukan suatu perbaikan dalam proses pendistribusian digunakan konsep Supply Chain Management (SCM), dimana didalamnya tidak hanya membahas mengenai pendistribusian produk saja, tetapi juga mengenai persediaan dan sistem informasi yang mendukung penerapan SCM. Selain itu juga diperlukan suatu peramalan agar perusahaan dapat memprediksi permintaan yang akan datang dimana dalam kasus ini menggunakan metode yang memiliki nilai MAD (Mean Absolute Deviation) terkecil. Selain itu juga digunakan aplikasi Beer Game untuk mengidentifikasi adanya bullwhip effect, dan memilih beberapa kebijakan (policy) untuk meminimalkan terjadinya bullwhip effect.

Keywords

bullwhip effect; supply chain management; beer game

References

Angipora, Marius P. 1999. Dasar-dasar Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Buffa. 1993. Manajemen Produksi/ Operasi Modern Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Indrajit & Djokopranoto. 2002. Konsep Manajemen Supply Chain: Cara Baru Memandang Mata Rantai Penyediaan Barang. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Sunil Chopra & ManMohan Sodhi, 2004. "Avoiding Supply Chain Breakdown", MIT Sloan Management Review, Fall, Vol. 46, No. 1

Kimbrough, Steven O, D.J. Wu, Fang Zong. “ Artificial Agents Play the Beer Game Elominate the Bullwhip Effect and Whip the MBAs “. www.opim.wharton.uppen.edu

Lamb, Hair & Donals. 2001. Pemasaran. PT Salemba Empat. Jakarta.

Levi, David Simchi; et al 2000. Designing And Managing The Supply Chain: Concept, Strategies and Cases Studies. McGraw-Hill; Singapore.

Pratiwi, Indah. 2001. Evaluasi Bullwhip Effect Pada Supply Chain di PT Kimia Farma PBF-Surabaya. Thesis Teknik Industri ITS. Surabaya (tidak dipublikasikan)

Raghavan, Srinivasa, Bishal B. Shreshtha and S. V. Rajeev. “Object Oriented Design and Implementation of A Web-enabled Beer Game for Illustrating the Bullwhip Effect in Supply Chains”i. www.iisc.ernet.in

Sarie, Nilla. 2006. Analisis Bullwhip Effect Dengan Menggunakan Manajemen Rantai Pasokan Pada Sistem Distribusi Di PT. Coca Cola Distribution Indonesia Sales Centre Solo. Tugas Akhir Teknik Industri UMS Surakarta (tidak dipublikasikan)

Sterman, John D. Sloan. “Teaching Takes Of - Flight Simulators for Management Education "The Beer Game". http://web.mit.edu/jsterman/www/SDG/MFS/ beerMFS.html

Viale, J David. 2000. Dasar-Dasar Manajemen Sediaan Dari Gudang Ke Pusat Distribusi. Penerbit PPM. Jakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 3708 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 6735 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.