DESAIN PRE-CAST PROFIL BERBASIS CUSTOMER NEEDS

Siti Nandiroh(1*), Hari Prasetyo(2), Widyo Priharyanto(3),

(1) Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v6i1.1638

Abstract

Pada penelitian ini dibahas cara pengerjaan pre-cast profil. Perancangan pre-cast profil ini diharapkan dapat membantu serta memudahkan para tenaga (tukang) dalam membuat sebuah profil. Identifikasi kebutuhan pelanggan juga dilakukan untuk menentukan spesifikasi produk, membuat konsep produk dan menyeleksi konsep untuk perancangan ini. Form pernyataan pelanggan diberikan kepada responden guna mengetahui keinginana dari responden tentang produk yang akan diluncurkan. Hasil pernyataan pelanggan kemudian dikembangkan agar dapat mengetahui interpretasi kebutuhannya. Berdasarkan masukan-masukan yang diperoleh digunakan sebagai dasar perancangan pre-cast profil ini diantaranya mengenai bentuk atau model yang bervariasi, kualitas berikut juga nilai harga yang sesuai dengan pasar. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa metode pra cetak dengan menggunakan cetakan fiberglass dinilai sangat tepat untuk digunakan sebagai media pembuatan profil cetak. Fiberglass yang terbuat dari bahan resin, katalis, talk dan matt juga dinilai lebih ekonomis jika digunakan sebagai bahan baku cetakan untuk produksi massal. Karena memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan cetakan berbahan besi. Total biaya per unit untuk produksi berkapasitas 800 unit dengan menggunakan 20 cetakan sebesar Rp 1.000,00 dengan panjang @ 60 cm.

Keywords

perancangan pre-cast profil; identifikasi kebutuhan pelanggan

References

Ariani, D,W.1999. Manajemen Kualitas: Pendekatan Sisi Kualitatif, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Davis, B,S dan Goetsch, D,L .2002. Pengantar Manajemen Mutu, jilid 2, Prenhalindo jakarta.

Ervianto, Wulfram I. 2006. Eksplorasi Teknologi Dalam Proyek Konstruksi, ANDI Offset, Yogyakarta.

Gaspersz, V.1997. Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Tjiptono, F.1997. Strategi Pemasaran, ANDI Offset, Yogyakarta.

Ulrich, Karl T dan Eppinger,Steven D . 2004. Product Design And Development, Third Edition, McGraw-Hill Singapore.

Article Metrics

Abstract view(s): 502 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 345 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.