ANALISIS KEHILANGAN MINYAK PADA CRUDE PALM OIL (CPO) DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL

Vera Devani, Marwiji Marwiji

DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v13i1.306

Abstract

PKS “XYZ” merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan kelapa sawit. Produk yang dihasilkan adalah Crude Palm Oil (CPO) dan Palm Kernel Oil (PKO). Tujuan penelitian ini adalah menganalisa kehilangan minyak (oil losses) dan faktor-faktor penyebab dengan menggunakan metoda Statistical Process Control. Statistical Process Control adalah sekumpulan strategi, teknik, dan tindakan yang diambil oleh sebuah organisasi untuk memastikan bahwa strategi tersebut menghasilkan produk yang berkualitas atau menyediakan pelayanan yang berkualitas. Sampel terjadinya oil losses pada CPO yang diteliti adalah tandan kosong (tankos), biji (nut), ampas (fibre), dan sludge akhir. Berdasarkan Peta Kendali I-MR dapat disimpulkan bahwa kondisi keempat jenis oil losses CPO berada dalam batas kendali dan konsisten.  Sedangkan nilai Cpk dari total oil losses berada di luar batas kendali rata-rata proses, hal ini berarti CPO yang diproduksi telah memenuhi kebutuhan pelanggan, dengan total oil losses kurang dari batas maksimum yang ditetapkan oleh perusahaan yaitu 1,65%.

Keywords

capabilities; oil losses; I-MR control chart; SPC

Full Text:

PDF

References

Ariani, D. W. 2004. Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Arifianti, R. 2013. “Analisis Produk Sepatu Tomkins”. Jurnal Dinamika Manajemen. Vol. 4, No. 1: 46-58.

Ayuni, D.; Siswandaru, K.; dan Nupikso, G. 2012. “Analisis Penerapan Statistical Quality Control pada Beban Usaha PT. PLN”. Jurnal Organisasi dan Manajemen. Vol. 8, No. 1, Maret 2012, pp. 22-31.

Bakhtiar, S.; Tahir, Suharto; dan Hasni, Ria Asysyfa. 2013. “Analisa Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC)”. Malikussaleh Industrial Engineering Journal. Vol. 2, No.1, pp. 29-36.

Fauzi, Y.; Widiastuti, Y.E.; Satyawibawa, I.; dan Hartono, R. 2000. Kelapa Sawit: Budidaya, Pemanfaatan Hasil & Limbah, Analisis Usaha & Pemasaran. Jakarta: Penebar Swadaya.

Fernandez, R. R. 1996. Mutu Terpadu dalam Manajemen Pembelian & Pemasok. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Gaspersz, V. 2003. Metode Analisis untuk Peningkatan Kualitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hadi, M. M. 2004. Teknik Berkebun Kelapa Sawit Edisi Pertama. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Heizer, J.; dan Barry, R. 2009. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Kartika, H. 2013. “Analisis Pengendalian Kualitas Produk CPE Film Dengan Metode Statistical Process Control pada PT. MSI”. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Vol. 1, No. 1, pp. 50-58.

Pahan, I. 2006. Panduan Lengkap Kelapa Sawit: Manajemen Agribisnis dari Hulu Hingga Hilir. Jakarta: Penebar Swadaya.

Prasetyo, Fajar T. 2014. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Cat Envitex dengan Menggunakan Metode P-Chart dan Fishbone pada PT. Indaco Coatings Industry Karanganyar. Jurnal Sosioekotekno. Vol. 2, No. 1, pp. 1-12.

Rao, A. and Lawrence P. C. 1996. Total Quality Management: A Cross-functional Perspective. New York: John Wiley & Sons.

Sukamto. 2008. 58 Kiat Meningkatkan Produktivitas dan Mutu Kelapa Sawit. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sunarko. 2007. Petunjuk Praktis Budidaya dan Pengolahan Kelapa Sawit. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Umariah, U.; Budiyanto, B.; dan Yusril, D. 2007. Analisis Hubungan Nilai Sortasi Tandan Buah Segar (TBS) Terhadap Mutu dan Rendemen Crude Palm Oil (CPO), Serta Kehilangan Minyak di PTPN VII Talo Pino Bengkulu. Skripsi S1. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Zagloel, T.YM.; dan Nurcahyo, R. 2013. TQM Manajemen Kualitas Total dalam Perspektif Teknik Industri. Jakarta: PT. Indeks.

Article Metrics

Abstract view(s): 1586 time(s)
PDF: 8944 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.