ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA KULIAH DI JURUSAN TEKNIK INDUSTRI UMS

Suranto Suranto

DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v2i3.3362

Abstract

Maksud penelitian ini untuk mengevaluasi minat mahasiswa mengikuti kuliah di Jurusan Teknik Industri UMS.  Dari penelitian ini dihasilkan manfaat,   tentang penentuan kebijakan  pimpinan untuk meningkatkan kinerja dan factor yang mempengaruhi para mahasiswa mengikuti kuliah di Jurusan Teknik Industrt UMS. Metode yang di terapkan dalam penelitian ini adalah metode angket dan wawancara.  Penelitian ini menggunakan teknik stratified random  sampling, sehingga yang  menjadi responden dalam penelitian in iadalah sebagian mahasiswa di Jurusan Teknik Industri UMS.Uji yang digunakan adalah validitas angket, reliabilitas angket, uji scoring (pembobotan)  dandiagram relation. Sampel  yang digunakan keseluruhannya,  dalam penelitianini sejumlah 40 mahasiswa dari semester  dua, empat, enam dan delapan. Butir angket sejumlah 15 item pertanyaan yang  diisi secara tertutup,  digunakan untuk menguji validitas angket dan reliabilitas angket. Angket yang digunakan adalah angket terpakai. Setelah itu dilanjutkan dengan angket terbuka,   digunakan untuk mengetahui factor terbesar yang   mempengaruhi minat mahasiswa kuliah di Jurusan Teknik Industri. Berdasarkan hasil uji validitas angket ternyata 15 item pertanyaan valid dan reliable.  Berdasarkan penelitian didapat bahwa yang menyebabkan mahasiswa berminat kuliah di Jurusan Teknik Industri UMS Surakarta  ada 15 faktor bebas. Diantara 15 variabel tersebut ada 5 variabel yang menjadi prioritas utama yang sangat penting untuk diperhatikan sebagai daya tarik tersendiri, yaitu Tidak diterima UMPTN[8,4%], Prospek Program  Stud [7,6%],  Lokasi Yang Strategis [7,3%],   Pembayaran  Dapat Diangsur [7.2%] dan Biaya Studi Yang Ringan [7,0%]. Adapun sepuluh variable yang lain menjadi bahan evaluasi diri sehingga dapat ditingkatkan kinerjanya.  Adapun sepuluh variable tersebut adalah Kualitas dosen (6,9%), Fasilitas Ruang Kuliah (6,8%), Kurikulum Yang bersaing (6,7%), Pembelajaran (6,7%), Sistem penilaian (6,./%). Kondisi Gedung (5,9%), Dosen Studi Lanjut (5,4%), Lingkungan, Visi dan Misi Jurusan harus diperbaiki (5,./%), Kegiatan UKM harus ditingkatkan (5,1%).

Keywords

FaktorYang Mempengaruhi; Kuliah; Jurusan Teknik Industri

Full Text:

PDF

References

Djarwanto & Subagyo, 1996. Statistik Induktif. BPFE. UGM. Yogyakarta.

Kumianingrum, Janti Prihati. dan Suranto.2003, focused Quality Sebagai Evaluasi Mutu Pelayanan Di PerguruanTinggi"X"Surakarta, Jurnal lImiah Teknik lndustri, proses terbit. Edisi April 2004.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Salernba. Jakarta. Singgih Santoso & Fandi Tjiptono, 2001. Riset Pemasaran [Konsep dan Aplikasi dengan SPSSI Elex Media Komputindo. Jakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 247 time(s)
PDF: 79 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.