Implementasi Service Quality dan SWOT Analysis (Kasus di Percetakan Pustaka Baru Surakarta)

Suranto Suranto(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v2i3.3363

Abstract

Service quality adalah pelayanan yang diberikan pada pelanggan,apakah pelayanan telah memberikan kepuasan. Sedangkan analisis SWOT  adalah diagram hubungan digunakan sebagai identifikasi, factor secara sistematis dan merumuskan strategi perusahaan, yang   didasarkan pada maksimalnya kekuatan (strength),   peluang (opportunity). kelemahan (weakness) dan ancaman (threat). Dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara,  angket, dokumentasi dan studi pustaka.   Analisis dengan validitas dan reliabilitas, serta bobot Kepentingan relative dan prioritas utama.     Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perusahaan percetakan pustaka baru telah memenuhi kepuasan konsumen dari buku yang dihasilkan.  Kriteria mutu pada buku yang   dihasilkan meliputi harga cetak murah, cetak bersih dan jelas,  bahan baku yang baik, kertas rapi dan kuat, cetakan baik da nbersih, jelas,  produkdi bungkus dalam kemasan,  hasil cetak buku beragam.   Warna buku kombinasi,   terdapat alamat dalam buku dan tampilan buku yang variatif. Berdasarkan analisis SWOT perusahaan percetakan pustakahamperlumempersiapkandiri, baik factor internal  dan factor ekstenalyang  dimilikiperusahaan, diantaranya menghindari kompetisi tidak sehat,  peningkatan kegiatan promosi, pengembangan keaneka ragaman produk, penciptaan kualitas produksi,  pelayanan yang optimal pada pelanggan,  dan peningkatan kerjasama dengan pesaing.

Keywords

Service Quality; SWOT

Full Text:

PDF

References

Suranto & Yulianto Agus. 2002. Jurnal llmiah Teknik lndustri UMS. Penentuan Posisi dan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Firma Sidodadi [kasus di kawasan industry logam kalaten] UMS. Surakarta.

Kumiawan .Oanang. Surantodan Siswanto.W.A.2002. Skrispsi S1 Teknik lndustri. Mengukur Mutu Pelayanan Pendidikan di Jurusan Teknik Industri UMS Dengan QFD. UMS Surakarta

Robani.2003. SkripsiS-l. Teknik Industri UMS Analisis Mutu Kepuasan Konsumen Dengan Metode QFD [Kasusdi Perusahaan Dadung dan Be-Gaya] Klaten.

Article Metrics

Abstract view(s): 1989 time(s)
PDF: 532 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.