Evaluasi Mutu Pelayanan Kinerja Perguruan Tinggi dengan Focused Quality (Kasus di Perguruan Tinggi "X" Surakarta)

Suranto Suranto(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v3i1.3364

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja perguruan tinggi dalam memenuhi kebutuhan konsumen dalam hal kualitas pelayanan. Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah Fosuced Quality, yaitu metode untuk  mencari pengembangan kualitas mengacu pada proses kunci dan Critical Success  Faktor (CSF) pada Perguruan Tinggi "X" Surakarta. Dari penelitian yang   dilakukan, kinerja proses kunci pada prioritas utama adalah proses pendidikan     (5,6) dan prioritas terendah adalah kenyamanan ruang kuliah (2,62). Dampak    tertinggi adalah pengembangan fasilitas penunjang akademik (14,3) dan terendah   adalah kenyamanan ruang kuliah (11,1). Proses kunci yang mendapat prioritas   untuk diperbaiki berdasarkan nilai kesenjangan terbobot adalah  sistem  pendidikan   dengan skor 77,6 dan pengembangan sumber daya manusia dengan skor 55,4   sedangkan kenyamanan ruang kuliah (29). Berdasarkan matrik prioritasi proses    dapat diketahui bahwa kinerja di Perguruan Tinggi "X" Surakarta belum  sesuai  keinginan konsumen. Hal ini dapat  diketahui dari nilai kinerja proses yang bobot  nilai berkisar antara 2,62 sampai 5,6 yang berarti masuk kategori penelitian   cukup. Proses perbaikan yang menjadi prioritas utama di Perguruan Tinggi "X"  Surakarta adalah prioritas 1sistem pendidikan, prioritas 2 pengembangan    sumber daya manusia,  dan prioritas  3 sistem penilaian   dosen.

Keywords

Focused Quality; Kinerja; Kebutuhan Konsumen

References

Kamus Bahasa Indonesia. 1998. Pusat Pembinaan Pengembangan Bahasa, Jakarta.

Kotler Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Salernba. Jakarta

Pratikno. Budi. 2003. Kerja Praktek Sl T'eknik Industri. Mengukur Jasa Pelayanan Pendidikan di Laboratorium T'eknik Industri UMS. Surakarta.

Sufa. Mila Faila. 2001. Skripsi Sl ITS. Mengukur knerja proses pada gudang barang berorientasi pada iadi dengan Pelanggan internal perbaikkan kinerja proses. “PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk, Sidoarjo, Jawa Timur. iTS. Surabaya.

Article Metrics

Abstract view(s): 516 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.