Penentuan Jenis Produk Tegel Sesuai Keinginan Konsumen Dengan Conjoint Analysis (Kasus di Perusahaan Tegel Lancar Kerja Sragen)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v3i2.3367
Abstract
Analisis Conjoint digunakan untuk menentukan tingkat kepentingan relatif berdasarkan presepsi konsumen dan nilai kegunaan yang muncul dari atribut-atribut produk terkait. Untuk menentukan strategi, analisis conjoint secara spesifik merencanakan segmentasi pasar berdasarkan preferensi konsumen terhadap atribut produk yang dipilihnya. Tujuan penelitian ini mengetahui keinginan konsumen akan produk tegel yang diproduksi sehingga dapat diambil sebagai segmentasi pasar, serta mengintegrasikan seluruh keinginan konsumen kedalam satu produk. Manfaat penelitian ini memberikan informasi tentang kebutuhan yang diharapkan oleh sebagian besar konsumen dan menentukan tingkat kepentingan relatif dari atribut-atribut pada proses pemilihan yang dilakukan. Me/ode pengumpulan data dengan observasi ke lapangan, wawancara, kuesioncr, dengan jumlah responden sebanyak 40 orang dan diuji dengan uji Validitas dan Reliabilitas. Implemen tasi analisis conjoint dengan sofware SPSS Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan analisis conjoint diperoleh hasil responden menganggap bahwa tege! yang diinginkan paling disukai karena faktor bentuk. Adapun faktor bentuk lege! 28.28% (dengan subfaktor lebar 75% dan standar 25%), corak 24.88% (dengan sufaktor motif 70% dan polos 30%), faktor harga 24.68 % (dengan subfaktor murah 40%, sedang 55%, mahal 5%), dan terakhir adalah ketebalan 22.17 % (dengan sufaktor teba! 63%, medium 30%, dan tipis 7%). Dengan demikian produk lege! yang diproduksi mempunyai spesifikasi yang standar lebar 30x30 em, corak yang bermotif, tebal 2 em, dan mempunyai kisaran harga p. 13.000 - Rp. J 5.000/m3
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi 1996. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Rineka Cipta Jakarta.
Basu Swastha, D.H dan Irawan 2001 Manajemen Pemasaran Modern.
Penerbit Liberty, Yogyakarta
Jonathan Sarwono, 2003, Konsep- Konsep Dasar Teknik "Analisa Conjoint"
www.universitaskomputerindonesia.com
Prayitno Tino, 2003, Analisa Perancangan dan Pengembangan Produk Meja Setrika Dengan Metode QFD Ditinjau dari Aspek Ergonomis Tugas Akhir, UMS
Santoso Singgih dan Tjiptono Fandi, 2002. SPSS Versi 10 Mengolah Data Statistik Secara Profesional, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Widodo Agung, 2004 Analisis Kepuasan Konsumen Dengan Skala Guttman [Kasus Pengguna Motor Sanex di Keeamatan Juwiring], Skripsi Teknik Industri. UMS.
Wignjosoebroto, Sritomo 1993 Teknik Tata Cara dan Pengukuran Kerja, Guna Widya Jakarta
Article Metrics
Abstract view(s): 638 time(s)PDF: 385 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.








