Penentuan Jenis Produk Tegel Sesuai Keinginan Konsumen Dengan Conjoint Analysis (Kasus di Perusahaan Tegel Lancar Kerja Sragen)

Suranto Suranto(1*), Siti Nandiroh(2), Yuswan Hadi(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v3i2.3367

Abstract

Analisis Conjoint  digunakan     untuk    menentukan     tingkat    kepentingan      relatif berdasarkan    presepsi    konsumen    dan   nilai   kegunaan   yang   muncul   dari   atribut-atribut produk      terkait.      Untuk     menentukan       strategi,      analisis      conjoint  secara      spesifik merencanakan      segmentasi     pasar    berdasarkan     preferensi     konsumen     terhadap    atribut produk    yang   dipilihnya.     Tujuan   penelitian     ini  mengetahui     keinginan    konsumen    akan produk    tegel  yang   diproduksi    sehingga    dapat   diambil   sebagai   segmentasi    pasar,   serta mengintegrasikan     seluruh   keinginan   konsumen   kedalam   satu  produk.   Manfaat   penelitian ini   memberikan     informasi     tentang    kebutuhan    yang   diharapkan     oleh   sebagian     besar konsumen    dan  menentukan    tingkat   kepentingan    relatif   dari  atribut-atribut     pada   proses pemilihan    yang   dilakukan.    Me/ode   pengumpulan     data   dengan    observasi    ke  lapangan, wawancara,    kuesioncr,    dengan  jumlah    responden   sebanyak    40  orang  dan  diuji  dengan uji  Validitas   dan   Reliabilitas.     Implemen  tasi     analisis    conjoint    dengan   sofware    SPSS Berdasarkan     perhitungan     yang      dilakukan    dengan    analisis    conjoint    diperoleh     hasil responden     menganggap     bahwa    tege!   yang    diinginkan    paling    disukai    karena   faktor bentuk.   Adapun   faktor    bentuk   lege!  28.28%  (dengan   subfaktor    lebar   75% dan  standar 25%),  corak  24.88% (dengan   sufaktor   motif   70% dan  polos   30%), faktor   harga   24.68 % (dengan   subfaktor   murah   40%,   sedang   55%,  mahal  5%), dan  terakhir   adalah   ketebalan 22.17  % (dengan   sufaktor   teba!    63%,   medium   30%,  dan  tipis   7%). Dengan   demikian produk   lege! yang  diproduksi   mempunyai    spesifikasi   yang  standar   lebar  30x30  em,  corak yang   bermotif,   tebal  2 em, dan  mempunyai   kisaran  harga  p.  13.000  -  Rp.  J 5.000/m3

Keywords

Preferensi; konsumen; conjoint

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi 1996. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Rineka Cipta Jakarta.

Basu Swastha, D.H dan Irawan 2001 Manajemen Pemasaran Modern.

Penerbit Liberty, Yogyakarta

Jonathan Sarwono, 2003, Konsep- Konsep Dasar Teknik "Analisa Conjoint"

www.universitaskomputerindonesia.com

Prayitno Tino, 2003, Analisa Perancangan dan Pengembangan Produk Meja Setrika Dengan Metode QFD Ditinjau dari Aspek Ergonomis Tugas Akhir, UMS

Santoso Singgih dan Tjiptono Fandi, 2002. SPSS Versi 10 Mengolah Data Statistik Secara Profesional, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Widodo Agung, 2004 Analisis Kepuasan Konsumen Dengan Skala Guttman [Kasus Pengguna Motor Sanex di Keeamatan Juwiring], Skripsi Teknik Industri. UMS.

Wignjosoebroto, Sritomo 1993 Teknik Tata Cara dan Pengukuran Kerja, Guna Widya Jakarta

Article Metrics

Abstract view(s): 638 time(s)
PDF: 385 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.