PERANCANGAN KONSEP PRODUK ALAS KAKI DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE KANSEI ENGINEERING DAN MODEL KANO

Mei Haryono(1*), Choirul Bariyah(2),

(1) Program Studi Teknik Industri, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Janturan, Umbul Harjo, Yogyakarta 55164
(2) Program Studi Teknik Industri, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Janturan, Umbul Harjo, Yogyakarta 55164
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v13i1.379

Abstract

Penelitian dilakukan pada produk yang berupa alas kaki (sandal pria). Berdasarkan hasil observasi dapat diidentifikasi belum adanya upaya dari produsen/perajin alas kaki untuk melakukan penelusuran terhadap harapan dan keinginan konsumen akan produk alas kaki yang sesuai dengan perasaan psikologis konsumen. Di sisi lain kesadaran dan keinginan konsumen akan desain produk semakin meningkat. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui citra atau harapan konsumen akan produk alas kaki yang berupa sandal pria melalui pendekatan emosional dan psikologis, sehingga dapat dilakukan perancangan dan pengembangan produk alas kaki yang sesuai dengan citra dan harapan mereka. Metode Kansei Engineering digunakan untuk memformulasikan rancangan produk alas kaki berdasarkan perasaan psikologis konsumen yang tercermin melalui kata kansei. Kuesioner yang digunakan pada metode Kansei Engineering ini adalah kuesioner elemen desain dan kuesioner semantic differential. Model Kano digunakan untuk memetakan atribut-atribut produk berdasarkan perfomansinya. Hasil akhir penelitian ini adalah dengan mengintegrasikan kedua metode tersebut sehingga diketahui bahwa desain yang sesuai dengan citra/image dan perasaan pskologis konsumen adalah desain dua kategori Kano, yaitu one-dimensional dan indifferent.

Keywords

Kansei Engineering; Semantic Differential; Model Kano

Full Text:

PDF

References

Bilgili, B.; Erciú, A.; dan Ünal, S. 2011. “Kano model application in new product development and consumer satisfaction (adaptation of traditional art of tile making to jewelries)”. 7th International Strategic Management Conference: Procedia Social and Behavioral Sciences. Vol. 24, no. 1, pp. 829–846.

Hair, Joseph F., Jr.; Black, William C.; Babin, Barry J.; dan Anderson, Rolph E. 2009. Multivariate Data Analysis. 7th edition. USA: Prentice Hall.

Marlyana, Novi. 2012. Penerapan Metode Kansei Engineering Dan Anthropometri Pada Pemilihan Desain Fasilitas Ruangan Warnet. Skripsi. Teknik Industri Unissula: Semarang.

Nagamachi, Mitsuo. 2008. "Perspectives and the new trend of Kansei/affective engineering". The TQM Journal. Vol. 20, No: 4, pp. 290 – 298.

Restantin, N.Y.; Ushada, M.; dan Ainuri, M. 2012. “Desain Prototipe Meja dan Kursi Pantai Portabel dengan Integrasi Pendekatan Ergonomi, Value Engineering dan Kansei Engineering”. Jurnal Teknik Industri. Vol. 14, No. 1, Juni 2012, pp. 53-62

Sauerwein, E.; Bailom, F.; Matzler, K.; dan Hinterhuber, H.H. 1996. “The KANO Model : How to Delight Your Consumer”. The IX International Working Seminar on Production Economic. Department of Management, University of Innsbruck: Austria. February 19-23 1996, pp. 313 -327

Schütte, S. 2002. Designing Feelings into Products: Integrating Kansei Engineering Methodology in Product Development. Licentiate Thesis. Institute of Technology, Linköping University: Sweden.

---- . 2005. Engineering Emotional Values in Product Design: Kansei Engineering in Development. Doctoral thesis. Institute of Technology, Linköping University: Sweden.

Wahyuning, C.S.; Desrianty, A., dan Rahmawati, R. 2011. “Studi Rancangan Konsep Brassiere melalui Pendekatan Nilai Emosi dan dan Perasaan Menggunakan Kansei Engineering Method”. Jurnal Itenas Rekarupa. Vol. 1, No. 1, pp. 56-69.

Article Metrics

Abstract view(s): 3947 time(s)
PDF: 5044 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.