Identifikasi Kebutuhan Pelanggan Terhadap Ikan Asap (Smoked Fish) Dengan Menggunakan Quality Function Deployment

Dwi Nurul Izzhati, Tita Talitha, Hasan Mastrisiswadi

DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v17i1.5203

Abstract

Produk hasil pengolahan ikan, terutama ikan asap di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan jumlah produksi ikan asap ini harus diimbangi dengan peningkatan kualitasnya agar dapat bersaing di pasar bebas ASEAN (MEA). Selama ini produk ikan asap dalam negeri kurang begitu diminati oleh konsumen serta identic dengan tingkat higienitas dan aspek sanitasi yang kurang baik. Untuk itulah perlu dilakukan identifikasi terhadap kebutuhan konsumen ikan asap untuk dapat meningkatkan kualitasnya. salah satu caranya adalah dengan menggunakan metode QFD (Quality Function Deployment) yang selama ini telah sering digunakan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa  variable yang paling fiinginkan dan dibutuhkan konsumen adalah kebersihan dan keamanan untuk dikonsumsi. Sedangkan untuk karakteristik teknis pada ikan asap yang perlu untuk dikembangkan lebih lanjut adalah sistem pengemasannya.

Keywords

Kebutuhan, Ikan asap, QFD, MEA, Sistem pengemasan

References

Adawyah, R. 2007. Pengolahan dan Pengawetan Ikan. Bumi Aksara: Jakarta

Badan Standarisasi Nasional. 2009. SNI 2725.3.2009. Ikan Asap-Bagian 3: Penanganan dan Pengolahan. Jakarta.

Chen, Shun-Hsing and Pai, Chen-Kuo, 2014, Using the QFD Technical to improve Service Quality in Vegetarian Foods Industry, International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Volume 4, No. 2, 162-168.

Cohen, L., 1995. Quality function deployment: how to make QFD work for you. Prentice Hall.

Juran, J. M., & Godfrey, A., B., 1998, Juran's quality handbook. New York: McGraw Hill.

Mastrisiswadi, Hasan; HERIANTO. Identifikasi Kebutuhan Konsumen Robot Rehabilitasi Pasien Pasca Stroke Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). In: Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Gadjah Mada 2015. Program Studi Teknik Industri UGM, 2015. p. SM27-SM36.

Natalla, D., Nurozy, 2012, Kinerja Daya Saing Produk Perikanan Indonesia di Pasar Global, Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, Volume 6 No. 1, Juli 2012.

Nur, M. 2012. Pengaruh Cara Pengemasan, Jenis Bahan Pengemas, dan Lama Penyimpanan Terhadap Sifat Kimia, Mikrobiologi, dan Organoleptik Sate Bandeng (Chanos chanos). Jurnal Teknologi dan Industri Hasil Pertanian, 14(1).

Paputungan, T. S., & Wonggo, D. 2015. Kajian Mutu Ikan Cakalang (Katsuwonus Pelamis L.)Asap Utuh Yang Dikemas Vakum dan Non Vakum Selama Proses Penyimpanan

Prihantoro, B., 2014, Analisis Nilai Produksi pada Usaha Pengasapan Ikan di Kelurahan Bandarharjo Kota Semarang, Skripsi Universitas Diponegoro: Tidak diterbitkan.

Sulistijowati, R., Djunaedi, O., S., Nurhajati, J., Afrianto, E., Udin, Z., 2011, Metode Pengasapan Ikan, Bandung: UNPAD Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.