PERANCANGAN ULANG ALAT PERONTOK PADI YANG ERGONOMIS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS KEBERSIHAN PADI

Agung Kristanto(1*), Slamet Cahyo Widodo(2),

(1) Program Studi Teknik Industri, Universitas Ahmad Dahlan, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Janturan, Umbul Harjo, Yogyakarta 55164
(2) Program Studi Teknik Industri, Universitas Ahmad Dahlan, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Janturan, Umbul Harjo, Yogyakarta 55164
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v14i1.626

Abstract

Salah satu tahapan dalam proses panen padi adalah proses perontokan padi, yang secara umum masih dilakukan secara manual. Alat perontok padi saat ini tidak ergonomis, yang dilakukan berdiri pada satu kaki dan kaki yang lain mengayuh pedal perontok, mengakibatkan ketidaknyamanan, seperti pegal pada punggung, kaki, leher, pinggang, bahu, dan lain sebagainya. Kondisi kerja tersebut berakibat tingginya konsumsi energi saat ini sebesar 2,61 Kkal/menit, rata-rata waktu proses perontokan lama yaitu 3,76 menit/unit dan tingginya prosentase kotoran padi yaitu 11.72%. Tujuan penelitian ini adalah perancangan ulang alat perontok padi yang ergonomis untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kebersihan padi. Data yang digunakan pada penelitian ini meliputi data keluhan operator, waktu proses, denyut jantung, tingkat kebersihan padi, dan data antropometri. Untuk menguji keandalan dan kesahihan data dilakukan pengujian statistic meliputi uji normalitas, uji keseragaman dan uji kecukupan data. Perangkat lunak Solidworks 2014 digunakan untuk mendesain alat perontok padi. Hasil penelitian menunjukkan penurunan waktu proses sebesar 65,69%, penurunan konsumsi energi sebesar 67,43%, penurunan kotoran dalam padi 79,52%, dan peningkatan produktivitas sebesar 205,5%.

Keywords

antropometri; ergonomi; produktivitas; kualitas kebersihan padi; Solidworks

References

Bridger, R.S. 2003. Introduction to Ergonomics. London, UK: Taylor & Francis e-Library.

Haryoko, F. D. 2008. Perbaikan Posisi Kerja Petani Dengan Melakukan Perancangan Ulang Alat Perontok Padi Untuk Mengefektikan Kinerja Petani. Skripsi. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Nurmianto, E. 1998. Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Edisi Pertama. Jakarta: Guna Widya.

Pheasant, S. 2003. Bodyspace, Antropometry, Ergonomic and The Design of Work. Second Edition. London, UK: Taylor Francis e-Library.

Purnomo, H. 2004. Pengantar Teknik Industri. Edisi Kedua. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santoso, S. 2014. Statistik Parametrik: Konsep dan Aplikasi SPSS. Edisi Revisi 2. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sulistiadji; Rosmeika, K.; Gunaro, A. 2008. “Rancang bangun mesin perontok padi bermotor tipe lipat menggunakan drum gigi perontok tipe stripping raspbar”. Jurnal Enjiniring Pertanian. Vol. 6 (2), pp: 85-92.

Wignjosoebroto, S. 2000. Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu: Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja. Edisi Pertama. Surabaya: Guna Widya.

Zuhri, S. 2010. Perancangan Ulang Alat Perontok Padi Dengan Mempertimbangkan Mobilitas Yang Tinggi. Skripsi. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 6541 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 6337 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.