REDESAIN SHELTER BUS TRANS JOGJA DENGAN PENDEKATAN ANTHROPOMETRI DAN AKSESIBILITAS

Bambang Suhardi(1*), Pringgo Widyo Laksono(2), Yoseph Tri Minarto(3),

(1) Jurusan Teknik Industri, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No. 36 A, Surakarta 57126
(2) Jurusan Teknik Industri, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No. 36 A, Surakarta 57126
(3) Jurusan Teknik Industri, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No. 36 A, Surakarta 57126
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v12i2.640

Abstract

Pada makalah ini disampaikan kajian mengenai redesain terhadap shelter bus Trans Jogja dengan pendekatan anthropometri dan aksesibilitas agar didapatkan fasilitas shelter yang mengakomodasi semua kepentingan (universal design) termasuk para penyandang cacat. Setelah dilakukan penelitian maka diperoleh rancangan ulang dimensi pintu masuk dan keluar sebagai berikut: tinggi pintu shelter 190,38 cm dan lebar pintu 118,9 cm yang sangat memungkinkan untuk penyandang cacat dapat masuk dan keluar dari shelter. Alat ticketing meliputi dimensi lebar portal alat ticketing sebesar 118,9 cm dan tinggi lubang tiket adalah 82,33 cm. Desain ramp yang didapat dari hasil perancangan adalah ramp desain bentuk S. Dengan pembagian menjadi 3 muka datar pada awalan atau akhiran ramp. Hasil perancangan tinggi dari sudut kemiringan ramp adalah 70 dengan tinggi ramp 85 cm dan panjang dari ramp 400 cm serta lebar yang disesuaikan dengan lebar kursi roda agar ramp lebih landai.

Keywords

aksesibilitas; anthropometri; penyandang cacat; redesain

References

Nevala-Puranen, N.; Seuri, M.; Simola, A.; Elo, J. 1999. Physically Disabled at Work: Need for Ergonomic Interventions. Journal of Occupational Rehabilitation. Vol. 9 (4).

Nurmianto, E. 2001. Ergonomi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya.

Panero, J.; Zelnik, M. 2003. Dimensi Manusia dan Ruang Interior. Jakarta: Erlangga.

Pratiwi, I. 2012. Aksesibilitas Masih Setengah-Setengah. Majalah Pledoi. Juli-Agustus 2012, hal. 4-10.

Suhardi, B.; Setyaningsih, W.; Hermono, S.B.; Diharjo, K. 2007. Rancang Bangun Elemen Aksesibilitas Ramp Pada Fasilitas Umum Bagi Penyandang Cacat Dan Lansia Dalam Mewujudkan Lingkungan Bebas Rintangan. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Perguruan Tinggi. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.

Suhardi, B.; Sudadi. 2013. Perancangan Tempat Tidur Periksa Untuk Orang Lanjut Usia. Prosiding Seminar Nasional Terpadu Keilmuan Teknik Industri. Malang: Program Studi Teknik Industri Universitas Brawijaya.

Suhardi, B.; dan Suryono, F.Y. 2013. Perancangan Kursi Bus Untuk Wanita Hamil Berdasarkan Aspek Ergonomi. Prosiding Seminar Nasional Terpadu Keilmuan Teknik Industri. Malang: Program Studi Teknik Industri Universitas Brawijaya.

Sutalaksana, I.Z.; Anggawisastra, R.;Tjakraatmadja, J.H. 1979. Teknik Tata Cara Kerja. Bandung: Departemen Teknik Industri ITB.

Anonim. 1997. Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1997 Tentang Penyandang Cacat. Jakarta: Sekretariat Negara.

Wignjosoebroto, S. 1995. Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu. Surabaya: Guna Widya.

Article Metrics

Abstract view(s): 507 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 2857 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.