PERANCANGAN MESIN PENYAYAT BAMBU SECARA ERGONOMIS

Agung Kristanto, Yusuf Arifin

DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v11i2.773

Abstract

Jamboel Kipas adalah UKM yang memproduksi souvenir kipas dengan sistem pesanan make to order. Seiring perkembangan waktu, Jamboel Kipas tidak dapat memenuhi pesanan karena keterbatasan kapasitas produksi souvenir kipas. Hal ini disebabkan karena waktu proses yang lama terjadi pada bagian penyayatan bambu, yaitu sebesar 22 detik/iratan. Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas penyayatan bambu serta memperbaiki posisi operator saat bekerja, dengan perancangan mesin penyayat bambu berdasar anthropometri ukuran tubuh operator, keluhan selama bekerja, dan waktu proses penyayatan bambu. Hasil penelitian setelah perancangan menunjukan posisi operator saat bekerja cukup ergonomis karena ukuran tempat kerja disesuaikan dengan dimensi antropometri operator. Waktu baku pada kondisi sebelum perancangan sebesar 21,16 detik/iratan dan output standar sebesar 170,09 iratan/jam. Sedangkan setelah perancangan sebesar 4,42 detik/iratan dan output standarnya sebesar 815,22 iratan/jam dengan peningkatan output standar 479,46%, terjadi penurunan waktu baku sebesar 378,73%. Sementara itu nilai break event point terjadi ketika UKM Jamboel Kipas sudah memproduksi 12927  kipas.

Keywords

perancangan; anthropometri; waktu baku; produktivitas; mesin penyayat bambu

References

Departemen Kesehatan RI, Ergonomi, http://www.depkes.go.id/downloads/Ergonomi.pdf , halaman 2-3, diakses 21 september 2011

Nasution, AH. 2005. Manajemen Industri, Andi Offset, Yogyakata

Nurmianto, E. 2003. Ergonomi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Institut Teknologi Sepuluh November, Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, Prima Printing, Surabaya.

Prabowo, SA. 2009. Easy To Use SolidWorks 2009, Andi Offset, Yogyakata

Santoso, B.P.A. 2005. Analisis Data Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 339 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 612 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.