PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PABRIK TAHU DAN PENERAPAN METODE 5S

Merry Siska(1*), Henriadi Henriadi(2),

(1) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim, Jl. H.R. Soebrantas No.155, KM 18, Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
(2) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim, Jl. H.R. Soebrantas No.155, KM 18, Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v11i2.867

Abstract

UD. Dhika Putra merupakan perusahaan yang bergerak dalam pembuatan tahu. Saat ini kondisi layout fasilitas produksi dan kondisi fisik lingkungan kerja di perusahaan mengalami kendala. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang tata letak fasilitas pabrik pembuatan tahu yang dapat meminimalkan panjang lintasan material handling serta menerapkan metode 5S untuk meningkatkan produktivitas kerja, dengan menggunakan pendekatan Systematic Layout Planning (SLP). Sedangkan metode 5S untuk mengatur kondisi tempat kerja yang berdampak terhadap efektivitas kerja, efisiensi, produktivitas dan keselamatan kerja. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa layout usulan yang terpilih untuk dijadikan layout akhir dalam penelitian ini menunjukkan penurunan panjang lintasan material handling yang cukup signifikan yaitu 45 m atau sekitar 19,2% lebih pendek dari layout awal.

Keywords

material handling; tata letak fasilitas pabrik; Systematic Layout Planning; metode 5S

References

Apple, J. M. 1990. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Edisi ketiga. ITB, Bandung.

Hadiguna, R. A.; Setiawan, H. 2008. Tata Letak Pabrik. Andi Offset, Yogyakarta.

Listiani, T. 2010. "Penerapan Konsep 5S dalam Upaya Menciptakan Lingkungan Kerja yang Ergonomis di STIA LAN Bandung". Jurnal Ilmu Administrasi, Volume 7 (3), pp. 204-214.

Osada, T. 2004. Sikap Kerja 5S. Cetakan Kelima. Penerbit PPM, Jakarta.

Purnomo, H. 2004. Perencanaan dan Perancangan Fasilitas. Cetakan Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Susetyo, J.; Simanjuntak, R.A.; Ramos, J.M. 2010. Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi dengan Pendekatan Group Technology dan Algoritma Blocplan untuk Minimasi Ongkos Material Handling. Jurnal Teknologi, Volume 3 (1), pp. 75-83.

Wignjosoebroto, S. 2009. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Edisi ketiga Cetakan keempat. Guna Widya, Surabaya.

Article Metrics

Abstract view(s): 4232 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 9120 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.