USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Vera Devani(1*), Dian Dwi Kartikasari(2),

(1) UIN Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Indonesia
(2) UIN Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jiti.v11i2.925

Abstract

Agar pelayanan yang dilakukan di bagian administrasi mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA Riau dapat memenuhi keinginan mahasiswa maka dilakukan perbaikan kualitas yang menitikberatkan pada pemenuhan keinginan mahasiswa. Perbaikan kualitas menggunakan metode Quality Function Deployment dapat menerjemahkan keinginan mahasiswa ke dalam tindkan perbaikan kualitas dari bagian administrasi fakultas. Dari hasil penelitian diperoleh beberapa tindakan sebagai usulan perbaikan kualitas pelayanan yaitu membuat SOP pengurusan administrasi dan mensosialisasikannya, menentukan waktu tiap bentuk pengurusan administrasi, melakukan perencanaan kebutuhan administrasi mahasiswa dan perpustakaan sesuai dengan perkembangan teknologi, pegawai administrasi sebaiknya menguasai keahlian administrasi, pegawai administrasi memperlihatkan sikap dan kepribadian yang baik, dan dilakukan pengontrolan terhadap pelayanan administrasi.

Keywords

harapan pelangan; kualitas pelayananik; Quality Function Deployment

References

Ahmad, H, 1996, Kamus Pintar Bahasa Indonesia, Fajar Mulya: Surabaya.

Ajie, A.K. 2008. Kajian Kesenjangan Kualitas Petugas Pelayanan

Jasa Penumpang Kereta Api, Tesis, Teknik Sipil ITB: Bandung.

Alma, B. 2004. Belajar Mudah Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Ariani, D.W, 1999, Manajemen Kualitas, Yogyakarta: Andi Offset.

Istijanto. 2006. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kartika, S.A.; Soepangkat, B.O.P.; Sunaryo, S. 2005. “Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Karyawan terhadap Lingkup Kerjanya dan Kepuasan Tamu Hotel XYZ”. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi II. Program Studi MMT – ITS, Surabaya.

Laksimon, R. 2007. Perancangan Sistem Peningkatan Koalitas Pelayanan Poliklinik Universitas Kristen Petra dengan Metode

Qualitometro II. Tugas Akhir, Universitas Kristen Petra: Surabaya.

Lupiyoadi, R.; Hamdani, A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Musyarofah, S.A. 2009. Perancangan Model Pengukuran Kualitas Jasa Pelayanan Teknis(Jpt) Berbasis Servqual Dan QFD Studi Kasus: Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Bandung. Tesis, Program Studi Teknik dan Manajemen Industri ITB: Bandung.

Nasution, M.N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajemen.. Jakarta: Gahlia Indonesia.

Pranyoto, L. 2005. Penerapan Metode Quality Functon Deployment sebagai Masukan bagi Rancangan Awal Rencana Strategi Jurusan Teknik Industri Universitas Kristen PETRA. Skripsi, Universitas Kristen Petra: Surabaya.

Saraswati, A.M. 2007. Rancangan Strategi Operasi Peningkatan Kualitas Pelayanan PDAM Kota Bandung. Tesis, Administrasi Bisnis ITB, Bandung.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, F. 2008. Service Management. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Widodo, I.D. 2005. Perencanaan dan Pengembangan Produk, Yogyakarta: UII Press.

Article Metrics

Abstract view(s): 1887 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 2547 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.