Efektivitas Filter Serpihan Marmer Terhadap Penurunan Kadar Besi, Mangan dan Magnesium pada Air Sumur Gali

Nine Elissa Maharani(1*), Wartini Wartini(2)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas filter serpihan batu marmer dalam penurunan kadar besi, mangan dan magnesium pada air sumur gali di Desa Kaloran Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Sampel diambil dari salah satu air sumur gali penduduk yang memiliki karakteristik berwana kekuningan kecoklatan, berbau besi dan agak amis, serta meninggalkan noda kuning pada bak mandi. Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan rancangan post test only control group design. Pada penelitian ini dilakukan dengan 3 perlakuan terhadap sampel air. Perlakuan I sebagai kontrol yaitu sampel air tidak diberikan perlakuan filter serpihan batu marmer. Perlakuan II sampel diberikan perlakuan berupa filter batu marmer dengan diameter < 1 mm dan yang ketiga sampel air sumur gali diberikan perlakuan dengan media filter batu marmer dengan diameter ≥ 1 mm. Hasil dari ketiga jenis perlakuan tersebut kemudian dibandingkan dan dianalisis efektivitas filter batu marmer dalam menurukan kadar besi, mangan dan magnesium dalam air sumur gali. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan One Way Anova dengan taraf 5%. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tidak ada efektivitas filter batu marmer dalam penurunan besi, mangan dan magnesium, dengan nilai p berturut-turut 0,193; 0,930 dan 0,729.

Keywords

Air sumur gali; besi; magnesium; mangan; marmer

Full Text:

PDF

References

Asmadi, Khayan, Heru Subaris., 2010, Teknologi Pengolahan Air Minum, Gosyen Publishing, Yogyakarta.

Depkes RI., 2010, Permenkes RI No. 492/Menkes/PER/IV/2010., Persyaratan Kualitas Air Minum.

Ismadi., 2000, Uji Beda Efektivitas Media Batu Marmer dan Zeolit dalam Menurunkan Kesadahan, Klaten.

Kemenkes RI., 2003, Riskesdas Tahun 2013, Depkes RI, Jakarta.

Kusnaedi., 2010, Mengolah Air Kotor Untuk Air Minum, Panebar Swadaya, Jakarta.

Marsono., 2009, Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kualitas Bakteriologis Air Sumur Gali di Permukiman, Tesis, Program Pascasarjana UNDIP, Semarang.

Rahayu, T., 2004, Karakteristik Air Sumur Dangkal di Wilayah Kartasura dan Upaya Penjernihannya, Jurnal Penelitian Sains & Teknologi, Vol. 5, No. 2, 2004: 104-1.

Riyanto, A., 2011, Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan, Nuha Medika, Yogyakarta.

Sarudji, D., 2006, Kesehatan Lingkungan, Media Ilmu, Sidoarjo.

Slamet, JS., 2007, Kesehatan Lingkungan, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Supriyono., 2011, Kemampuan Media Filtrasi Berupa Butiran Serbuk Batu Marmer Dalam Menurunkan Kekeruhan dan Permanganate Volume Dalam Air, Institut Teknologi Adhi Tama, Surabaya.

Titik Isdiana., 2011, Pengaruh Berbagai Kombinasi Ketebalan Media Filter Pasir dan Zeolit Terhadap Penurunan Kadar Besi dan Mangan Pada Sumur Perum Nilasari Pabelan Kartasura, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 1778 time(s)
PDF: 3307 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.