Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang

Nanda Arnindiah(1*), Dian Safriantini(2)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya Bagian Administrasi Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author

Abstract

Latar Belakang: Indikator keberhasilan Jaminan Kesehatan Nasional adalah kepuasan masyarakat yang dinilai dari pelayanan rumah sakit, tetapi beberapa tahun terakhir kepuasan peserta cenderung rendah. Studi Pendahuluan di Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang menyatakan bahwa pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional merasa belum puas terhadap pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap peserta Jaminan Kesehatan Nasional berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan  kesehatan.

Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 73 pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang dipilih dengan metode proportional sampling. Dianalisis menggunakan ­Chi Square.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (54,8%) merasakan puas dengan pelayanan yang diberikan. Sedangkan hasil uji Chi Square  menunjukkan nilai p value antara tangible (0,003), reliability (0,000), responsiveness (0,000), assurance (0,000), empathy (0,000), dimana terdapat hubungan yang signifikan antara kelima dimensi mutu dengan kepuasan pasien. Dari komponen pada kelima dimensi mutu terdapat beberapa hal yang masih belum berjalan maksimal diantaranya adalah  fasilitas yang belum maksimal seperti WC, estimasi waktu tunggu yang belum konsisten, komunikasi mengenai iformasi kesehatan antara petugas kesehatan dan pasien yang belum baik, dan kurangnya waktu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Kesimpulan: Untuk mempertahankan kualitas pelayanan diharapkan Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang dapat melakukan perbaikan, peningkatan dan pengembangan sarana fisik. Bagi tenaga medis dan non-medis untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan baik dari segi kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance) dan perhatian (empathy).

Keywords

Kualitas Pelayanan; Kepuasan; Peserta JKN; Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References

Ariani, D. Wahyu. 2009. Manajemen Operasi Jasa. Yogyakarta : Graha Ilmu

Hardi, John. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Umum dan Pasien Jamksesmas Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap di RSUD Pasaman Barat Tahun 2010. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Andalas. 2010.

Hastuti, S.K.W. et al. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Pesera BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat. Volume 11. No 2. 2017.

Hatibie, Towar. W. J., A.J.M. Rattu. & Taufiq, Pasiak. Aanalisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan Bedah RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal JIKMU. Volume 5. No. 2. 2015.

Ikegami, Nauki. Universal Health Coverage for Inclusive and Sustainable Development. World Bank Group : Japan. 2014.

Mukti, Ali Ghufron. StrategiTerkini Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan : Konsep Implementasi. Yogyakarta : PT. Karya Husada Mukti. 2007.

Muninjaya, A. A. G. 2011. Manajemen Kesehatan. Jakarta : EGC

Yandrizal., Rifa’i., & Selpa, P.U. Analisis Kemampuan Dan Kemauan Membayar Iuran Terhadap Pencapaian UHC JKN Di Kota Bengkulu. JKMA : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas. 2015.

Pangerapan, Djeinne Thresye., Ora Et Labora I. Palandeng. & A. Joy M. Rattu. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. Jurnal Kedokteran Klinik (Jkk). Volume 2. No 1. 2018.

Soendari, Aer. & Bambang, BR. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). HIGEIA: Journal Of Public Health Research And Development. 2017.

Supranto, J, 2011, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Rineka Cipta, Jakarta.

Triwardani, Yuni. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien BPJS Pada Pelayanan di Puskesmas Pamulang. Skripsi. Jakarta Selatan : Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. 2017

Usama, Samsam. 2008. Analisis Kualitas Pelayanan Instalasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang dengan Menggunakan Metode Servqual. Skripsi. Depok : Universitas Indonesia.

Wardani, Ayunytyah Eka. 2017. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Rumah Sakit Umum Daerah La Temmamala Kabupaten Soppeng. Skripsi. Makassar : UIN Alauddin Makassar.

Article Metrics

Abstract view(s): 2068 time(s)
PDF: 1197 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.