PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE ROLE PLAY TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA KELAS X

Farid Setyo Nugroho(1*)

(1) Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Jl. Letjend Sujono Humardani No. 1 Sukoharjo
(*) Corresponding Author

Abstract

Masih tingginya stigma dan diskriminasi terhadap Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA) dan Anak Dengan HIV dan AIDS (ADHA) disebabkan kurangnya pengetahuan dan sikap masyarakat tentang tata cara penularan HIV. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode roleplay tentang ODHA terhadap pengetahuan dan sikap siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan Pre dan Post Test.Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode role play dengan pengetahuan siswa kelas X tentang ODHA dimana p value sebesar 0,000. Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode roleplay dengan sikap siswa kelas X tentang ODHA dimana p value sebesar 0,000. Pendidikan kesehatan dengan role play memberikan pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan terbentuknya sikap yang positif terhadap ODHA.

Keywords

AIDS; HIV; Pendidikan kesehatan; Roleplay; Siswa

Full Text:

PDF

References

Asnita. (2011). Hubungan Faktor Sosiodemografi Dengan Pengetahuan Dan Sikap Tenaga Kerja Indonesia Tentang HIV/AIDS. Skripsi. Universitas Indonesia. Depok

Card, J. J., Amarillas, A., Conner, A., Akers, D. D., Solomon, J., & DiClemente, R. J. (2008). The Complete HIV and AIDS Teaching Kit. New York: Springer Publishing Company

Hati Konstantinus, Zahroh Shaluhiyah, Antono Suryo. (2017). Stigma Masyarakat Terhadap ODHA di Kota Kupang Provinsi NTT. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 12 (1): 62-77

Kementerian Kesehatan. (2011). Pedoman Penghapusan Stigma dan Diskriminasi Bagi Pengelola Program, Petugas Layanan Kesehatan dan Kader. Jakarta: Balitbangkes

Kemkes RI, (2018). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta Balitbankes

Kholid, A. (2012). Promosi Kesehatan dengan pendekatan teori prilaku, media, dan aplikasinya. Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT). Jakarta: Rajawali Pers

KPA Kabupaten Sukoharjo. (2018). Laporan Perkembangan HIV dan AIDS Kabupaten Sukoharjo Tahun 2018. Sukoharjo: KPA Kabupaten Sukoharjo

KPA. (2009). ODHA dan Akses Pelayanan Kesehatan Dasar Penelitian Partisipatif. WHO. Jakarta: UNAIDS

Machfoedz, I, Suryani, E, Sutrisno, Santoso, S. (2008). Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Promosi Kesehatan.Yogyakarta: Fitramaya

Mubarak. (2007). Promosi Kesehatan Sebuah Pengamatan Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Nurdjaya, I.G. (2005). Sikap dan Motivasi Pembelajaran Bahasa, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIPN Singaraja, 38 (3): 50-64.

Purwanto, N. (2003). Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Purwanto. (2008). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosyari, F.N.A. (2014). Perbedaan Pengaruh Intervensi Penyuluhan Antara Media Kartu Berjodoh Dengan Media Lembar Balik Terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Dan Faktor Yang Berhubungan Pada Ibu Balita Di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sardiman A.M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sarwono, S.W. 2006. Pengantar Umum Psikologi, Jakarja: PT Bulan Bintang.

Article Metrics

Abstract view(s): 1756 time(s)
PDF: 1379 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.