Efek Strategi Pembelajaran Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPS

Dewi Purwaningrum(1*), Sumardi Sumardi(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh strategi pembelajaran STAD dan strategi pembelajaran TPS terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan desain quasi eksperiment. Populasi penelitian siswa kelas XI IPS SMAN 2 Sukoharjo tahun 2015/2016. Sampel penelitian ialah XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran STAD dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran TPS. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama, sebelumnya dilakukan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian pada α=5%, (1) ada pengaruh strategi pembelajaran STAD dan TPS terhadap hasil belajar matematika; (2) ada pengaruh kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika; (3) ada interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika.

Keywords

hasil belajar matematika; kemampuan awal matematika; STAD; TPS

Full Text:

PDF

References

Alpusari, M., & Putra, R. A. (2015) The application of cooperative learning think pair share (TPS) model to increase the process science skills in class IV elementry school number 81 Pekanbaru city. International Journal of Science and Research (IJSR), 4(4), 2805- 2808. Diakses pada 8 April 2016, dari http://www.ijsr.net/archive/v4i4/SUB153806.pdf

Anggraini, V. D., Mukhadis, A., & Muladi. (2013). Problem based learning, motivasi belajar, kemampuan awal, dan hasil belajar siswa SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 187- 195. Diakses pada 23 April 2016, dari http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/ download/4211/ 1198

Awofala, A. O. A., Fatade, A. O., & Ola-Oluwa, S. A. (2012). Achievement in cooperative versus individualistic goal-structured junior secondary school mathematics classrooms in Nigeria. International Journal of Mathematics trends and Technology, 3(1), 7-12. Diakses pada 19 Mei 2016, dari http://www.ijmttjournal.org/Volume-3/issue-1/IJMTT-V3I1P502.pdf

Bamiro, A. O. (2015). Effects of guided discovery and think-pair-share strategies on secondary school students’ achievement in chemistry. SAGE Open, 1-7. Diakses pada 19 Mei 2016, dari http://sgo.sagepub.com/content/spsgo/5/1/ 2158244014564754.full.pdf

Gencosman, T., & Dogru, M., (2012). Effect of student teams-achievement divisions technique used in science and technology education on self-efficacy, test anxiety and academic achievement. Journal of Baltic Science Education, 11(1), 43-54. Diakses pada 19 Mei 2016, dari http://oaji.net/ articles/2014/987-1419166833.pdf

Ibrahim., & Hidayati, N. (2014). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa SMAN 1 Seyegan. Jurnal AgriSains, 5(2), 115-136. Diakses pada 25 Maret 2016, dari http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Agrisains/ article/view/12 7/115

Irawati, R. K. (2014). Pengaruh model problem solving dan problem possing serta kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 2(4), 184-192. Diakses pada 23 April 2016, dari http://journal.um.ac.id/ index.php/jps/article/download/4534/998

Kurniasih, I. & Sani, B. (2014). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Surabaya: Kata Pena

Ling, W. N., Bin Ghazali, M. I., & Raman, A. (2016). The effectiveness of student teams-achievement division (STAD) cooperative learning on mathematics achievement amonng school students in Sarikei District, Sarawak. International Journal of Advanced Research and Development, 1(3), 17-21. Diakses pada 19 Mei 2016, dari http://www. researchgate.net/ publication/298972734

M. Anitha, H., & Rao, A. N. (2014). Active learning techniques in engineering education. International Journal of Research in Engineering and Technology, 3(11), 462-465. Diakses pada 7 April 2016, dari http://www. journals.indexcopernicus.com/issue. php?id=12017&id_issue=881054

Murtiyasa, B. (2015). Tantangan pembelajaran matematika era global.Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS (pp 28) ISBN:978.602.361.002.0

Muslihatun, D., Saputro, S., & Agustina, W. (2016). Efektivitas metode kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dan teams games tournament (TGT) berbantuan media peta konsep terhadap prestasi belajar ditinjau dari motivasi berprestasi pada materi stoikimetri.Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 105-114. Diakses pada 8 Mei 2016, dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/issue/view/557

Nisa, R., Musdi, E., Jazwinarti. (2014). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran matematika di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Matematika,3(1), 23-28. Diakses pada 15 April 2016, dari http:// ejournal.unp.ac.id/ students/index. php/pmat/article/view/1215/907

Novianti, I. (2013). Experimentation cooperative learning student team achievement division (STAD) type viewed from learning motivation. Asian Journal of Education and e-Learning, 1(5), 272-276. Diakses pada 8 Mei 2016, dari http://www.ajouronline.com/ index.php?journal=AJEEL& page=article&op=view&path[]=656

Nunnery, J. A., Chappell, S., & Arnold, P. (2013). A meta-analysis of a cooperative lerning model’s effects on student achievement in mathematics. Cypriot Journal of Educational Sciences, 8(1), 34-48. Diakses pada 8 April 2016, dari http://www.world-education-center.org/ index.php/cjes/article/viewArticle/8.1.3 .

Rahmawati, R. D., Mahmudi,A. (2014). Keefektifan pembelajaran kooperatif stad dan tai ditinjau dari aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 102 – 115. Diakses pada 25 Maret 2016, dari http://journal.uny.ac.id/index.php/ jpe/article/view/2648/2202

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1-11. Diakses pada 3 Februari 2016, dari http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/ article/download 1105/853

Sutama. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media

Article Metrics

Abstract view(s): 1106 time(s)
PDF: 895 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.