Pengelolaan Praktik Kerja Industri di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Sukoharjo

Sunardi Sunardi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1). Mendeskripsikan karakteristik perencanaan prakerin
di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, (2). Mendiskripsikan karakteristik pelaksanaan
Prakerin di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, (3). Mendiskripsikan karakteristik
penilaian Prakerin di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan desain diskriptif. Nara sumber dalam penelitian adalah
kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua pokja prakerin , kepala program keahlian,
guru produktif dan pimpinan industri. Metode pengumpulan data adalah observasi,
wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian adalah (1).Perencanaan prakerin meliputi : pemetaan industri, program prakerin, waktu prakerin, pembekalan prakerin, dan penetapan guru pembimbing, (2).Pelaksanaan prakerin meliputi pengorganisasian, penyerahan siswa prakerin ke industri, monitoring siswa prakerin, dan penarikan siswa prakerin ke Sekolah. (3). Penilaian prakerin ada dua tahap, yaitu penilaian oleh pembimbing industri dan pembimbing Sekolah dengan parameter nilai dari industri (IN) diberi bobot 60 %, nilai jurnal prakerin (JP) diberi bobot 10 %, nilai ujian lisan (UL) diberi bobot 20 %, dan nilai laporan (LP) diberi bobot 10 %. Sehingga nilai total hasil prakerin siswa adalah : 0,6 (IN) + 0,1(JP) + 0,2 (LP) +0,1 (LP).

Keywords

pengelolaan; praktik kerja industri; SMK

Full Text:

PDF

References

Agrawal Tushar, (2013), Vocational Education and Training Program (VET): An Asian Perspective. Asia–Pacific Journal of Cooperative Education,2013, 14(1),15-26.India : Indira Gandhi Institute of Development Research ( IGDR).

Akturuzzaman, Md and Clement, Che Kum, (2011), .Vocational Education and Training ( VET) in Human Resource Development : A Case Study of Bangladesh, Academic Researc Internasional, Vol.1, No.7, Tahun 2011, P.266-275.

Anita Sui Man Leung (2010). An Effective Learning Model to Support People Development: The Emerging Approach of The Hong Kong Institute for Vocational Education.. Department of Business Administration Hong Kong Institute of Vocational Education (Tsing Yi)

Axel Göhringer (2002). The Dual System of Higher Education in Germany University of Cooperative Education Asia-Pacific Journal of Cooperative Education .

Direktorat Pembinaan sekolah Menengah kejuruan (2015), Hand Out Praktik Kerja Lapangan (Prakerin) pada Implementasi Kurikulum 2013, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1993), Sistem Ganda pada Pendidikan Menengah Kejuruan . Depadikbud. Jakarta.

Deal, Debby: C Stephen White.2006. Voices From The Classroom: Literacy Beliefs and Practices of Two Novice Elementary Teachers. Journal of Research in Childhood Education. Olney

Kuswana, Wowo Sunaryo 2013. Dasar-dasar Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. Cetakan ke-1. Bandung. Alfabeta.

Kamajaya. Praktik Kerja Industri (Prakerin),// kamajaya65.blogspot.com. Selasa 03 Nopember 2009.diakses 30-10-2015.

Mufadi Al- Momani (2012). Teachers Implementation of Effective Classroom Management from Vocational Education Students’ Perspectives . 1Dept. of Applied Science, Al- Balq’a’ Applied University.Jordan

Nolker, H. Dan Schonfeld,E (1983).Pendidikan Kejuruan. Jakarta. Gramedia.

Fatah, Nanang 2013. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung .PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Hadromi, Maman Rachman, Soesanto & Tri Jaka Kartana (2015). The Development of Productivity Practical Management Model at Automotive Mechanical Technology Skill Program in Semarang Vocational Schools, Indonesia International Education Studies; Vol. 8, No. 5; 2015 ISSN 1913-9020 E-ISSN 1913-9039

Horn, Daniel, (2014). The Effectiveneess of Apprenticeship Training a within tract comparison of workplace-based and school based vocational training in Hungary. Budapest Working Papers on the labour Market. 2014, 11(5) 5.Hungarian: Hungarian Academy of Sciences, Deparment of Human Resource, Corvinus University of Budapest.

Ibrahim (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif-Panduan Penelitian beserta contoh Proposal Kualitatif. Cetakan ke-1 Bandung .Alfabeta

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 tahun 2007. tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.

Sutama, (2015), Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK dan R & D, Fairus Media, Gumpang Kartosuro

Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan RD, cetakan ke delapan belas, Alfabeta, Bandung

Ridhotullah, S. (2015). “Pengantar Manajemen”. Cetakan pertama, Prestasi Putakarya- Jakarta. Indonesia.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Tentang : Sistem Pendidikan Nasional . Jakarta: Sinar Grafika

Wena,M. (1996). Pendidikan Sistem Ganda . Bandung : Tarsito.

Article Metrics

Abstract view(s): 847 time(s)
PDF: 1914 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.