Penerapan Strategi Kooperatif NHT dan TPS dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient Siswa SMP

Muryanti Muryanti

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap
hasil belajar matematika ditinjau dari Adversity Qoutient (AQ) siswa. Strategi
pembelajaran yang dibandingkan adalah strategi pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Heads Together (NHT), strategi pembelajaran kooperatif tipe Think
Pair Share (TPS), dan strategi pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen semu. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Sukoharjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik sampling acak atau teknik sampling random (random sampling tecbnique).
Diperoleh sampel berjumlah 95 siswa, dengan rincian 31 siswa pada kelompok eksperimen satu, 32 siswa pada kelompok eksperimen dua, dan 32 siswa kelompok
kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika dan angket
AQ. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak
sama. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan sebagai berikut. (1) Strategi
pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan hasil belajar matematika yang lebih
baik dibandingkan strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS dan pembelajaran
ekspositori. Strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS memberikan hasil belajar
yang lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran ekspositori pada materi bangun
ruang sisi datar. (2) Siswa kategori climbers mempunyai hasil belajar matematika
yang lebih baik dibandingkan siswa kategori campers dan quitters. Siswa kategori
campers mempunyai hasil belajar matematika yang lebih baik dibandingkan siswa
kategori quitters. (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan
AQ siswa terhadap hasil belajar. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh strategi
pembelajaran terhadap hasil belajar matematika tidak tergantung pada kategori AQ.

Keywords

Adversity Quetient; ekspositori; NHT; TPS

Full Text:

PDF

References

Azlina, N. A. 2010. CSTLs: Supporting Collaborative Aktivities Among Students and Teacher Through the Use of Think-Pair-Share Techniques. International Journal of Komputer Science Issues, Volume 7 (5), 18.

Bahktiar, H., Usodo, B., Riyadi. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Problem Posing Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Volume 3 (1), 1127-1137.

Bataineh, M.Z. 2015. Think-Pair-Share, Co Op-Co Op and Traditional Learning Strategies on Undergraduate Academic Performance. Journal of Educational and Social Research, Volume 5 (1), 217-226.

Budi, H. 2015. www.bogor-today.com.

Cornista, G. A. L dan Macasaet, C. J. A. 2012. Adversity Quotient And Achievement Motivation Of Selected Third Year And Fourth Year Psychology Students Of De La Salle Lipa A.Y. 2012-2013. Tesis. De La Salle Lipa: The Faculty of the College of Education, Arts, and Sciences.

Faradila, Ismi, Widodo, j., Widiyanto. 2012. Keefektifan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dan Think Pairs Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal , Volume 1 (1), 1-5

Haydon, T., Maheady, L., Hunter, W. 2010. Effects of Numbered Heads Together on the Daily Quiz Scores and On-Task Behavior of Students with Disabilities. Journal of Behavioral Education, volume 19, 222-238.

Humami, F., Mukhadis, A., Sumarli. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dan Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar. Teknologi Dan Kejuruan, Volume 37 ( 2), 119-128

Ignacio, N.G., Blanco, L.J. dan Barona, E.G. 2006. “The Affective Domain In Mathematics Learning”. International Electronic Journal of Mathemathics Education. Volume 1 (1), 16-32.

Tien, S., Hafidhah, Mardiyana, Usodo, B. 2016. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Pairs Check (PC) Dengan Pendekatan Saintifik Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa. 2016. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, ISSN: 2339-1685 Volume 4 (1), 79-91.

Kusumaningrum, R., Budiyono, Sri Subanti, S. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Numbered Heads Together (NHT), dan Think Pair Share (TPS) Ditinjau dari Kreativitas Belajar Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Volume 3 (7), 705-716.

Maheady, L., Michielli-Pendl,J., Mallette, B. & Harper, G.F. 2006. The Effects of Numbered Heads Together with and Without an Incentive Package on the Science Test Performance of a Diverse Group of Sixth Graders. Journal of Behavioral Education, volume 15 (1), 25-39.

Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Phoolka, S. 2012. Adversity Quotient: A New Paradigm in Management to Explore. RJSSM, Volume 2 (7), 109-117.

Santos, M. C. J. 2012. Assessing The Effectiveness Of The Adapted Adversity Quotient Program In A Special Education School. Journal of Arts, Science & Commerce, Volume 4 (2), 13-23.

Stoltz, P.G. 2004. Adversity Quotient Mengubah Hambatan Mejadi Peluang (Edisi terjemahan T. Hermaya). Jakarta: Grasindo.

Sudarman. 2012. Adversity Quotient: Kajian Kemungkinan Pengintegrasiannya dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA, Volume 1 (1), 55-62.

Supardi U.S. 2013. Pengaruh Adversity Qoutient terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3 (1): 61-71.

Zainuddin. 2012. Pentingnya Adversity Quotient Dalam Meraih Prestasi Belajar. AKSIOMA, Volume 1 (2), 98-103.

Zakaria, E., Chin, L.C., Daud, M.Y. 2010. The Effects of Cooperative Learning on Students’ Mathematics Achievement and Attitude towards Mathematics. Journal of Social Sciences, volume 6 (2), 272-275.

Zakaria, E., Solfitri, T., Daud, Y., and Abidin, Z.Z. 2013. Effect of Cooperative Learning on Secondary School Students Mathematics Achievement. Journal of Scientific Research, volume 4 (2), 98-100

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.