Pengelolaan Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan di SMPN 1 Gabus-Grobogan

Titik Setiyoningsih(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah1) Mendiskripsikan perencanaanpembelajaran IPA
berbasis lingkungan di SMPN 1 Gabus-Grobogan 2) Mendiskripsikan pelaksanaan
pembelajaran IPA berbasis lingkungan di SMPN 1 Gabus-Grobogan 3) Mendiskripsikan evaluasi kurikulum IPA berbasis lingkungan di SMPN 1 Gabus-Grobogan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Desain penelitiannya adalah etnografi.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui (1) wawancara mendalam (2) dokumentasi(3) observasi. Jenis penelitian ini memusatkan pada deskripdi data yang berupa kalimat-kalimat yang memiliki arti mendalam yang berasal dari informan perilaku yang diamati.Sedang teknik analisis data menggunakan (1) model analisis jalinan atau mengalir dan (2) model analisis interaktif. Keabsahan data menggunakan (1) Triangulasi sumber (2) Triangulasi teknik (3) triangulasi waktu.Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan diawali dengan pembuatan kurikulum 2013 kemudian mengidentifikasi mata pelajaran dan jumlah jam pelajaran. Dengan mengadakan identifikasi mata pelajaran IPA maka RPP IPA dapat disusun dengan mengacu pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasaryang ada didalam kurikulum.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak semua kompetensi
dapat direncanakan dengan menggunakan lingkungan . Perencanaan dengan
menggunakan lingkungan disesuaikan dengan kebutuhan

Keywords

pengelolaan; pembelajaran; lingkungan; IPA

Full Text:

PDF

References

Budiyono Saputro. 2012. Inovasi Pembelajaran Sains Berbasis Alam dan lingkungan.

Hamzah.2007. Manajemen Teori Praktek dan Riset Pendidikan . cetakan ke 1.Jakarta : Bumi Aksara

Hartadi.2014. Pembelajaran Kontektual dengan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar.

Higgin. 2015. “ The Impact of school Environments a literature Review the Learning hours vol 170.

Julie Ernst.2014.”Early Childhood Educators Preferences and Perceptions Regarding Outdoor Setting as learning Environments International Journal of Early Childhood Environmental Education,” 2 (1).

Mia Cholvitasari.2012 “Penetapan Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dalam Upaya Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Siswa SMA Metro”

Moleong, Lexy. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

NajulMunir.2010.Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar.

Sarlita Dewi, 2014.M.Pd. “Evaluasi Pelaksanaa Kurikulum 2013 Tingkat Satuan Pendidikan Dasar/Sekolah Dasar di Kota Pekalongan”.

Sutama.2012. Metode Penelitian Pendidikan. Kartosura: Fairus media.

Sukmadinata.2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sanjaya Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Prenada.

Sukmadinata, S.2006. Metode Penelitian Pendidikan: Bandung:Remaja Rosda Karya.

Article Metrics

Abstract view(s): 1590 time(s)
PDF: 1901 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.