Minat Kedisiplinan dan Ketekunan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP

Nurulia Dwiyanti Tamardiyah

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. 1) Menguji kontribusi minat, kedisiplinan, dan
ketekunan terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi
berprestasi. 2) Menguji kontribusi minat, kedisiplinan dan ketekunan terhadap
motivasi berprestasi. 3) Menguji kontribusi motivasi berprestasi tehadap hasil
belajar matematika. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pengambilan sampel penulis
menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah siswa sebagai sampel
sebanyak 168 siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode
dokumentasi dan metode angket.Teknik analisis data dengan analisis jalur dan
sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian, 1) ada kontribusi minat,
kedisiplinan, dan ketekunan terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung
melalui motivasi berprestasi. 2) ada kontribusi minat, kedisiplinan dan ketekunan
terhadap motivasi berprestasi. 3) ada kontribusi motivasi berprestasi tehadap hasil
belajar matematika.

Keywords

minat; kedisiplinan; ketekunan belajar; motivasi berprestasi; hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References

Aritonang, 2008, Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Penabur - No.10 Tahun ke-7, Guru SMPK 1 BPK PENABUR Jakarta.

Daniela, 2015, The Relationship Between Self-Regulation, Motivation And Performance At Secondary School Students, Procedia - Social and Behavioral Sciences 191 2549 – 2553.

Frasineanu, 2013, Approach to learning process: superficial learning and deep learning at students, Procedia - Social and Behavioral Sciences 76 346 – 350.

Sumantri, 2010, Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 4 Ngawi Tahun Pelajaran 2009/2010, Media Prestasi Vol.. VI No. 3.

Klement, 2014, How do my students study? An analysis of students` of educational disciplines favorite learning styles according to VARK classification, Procedia - Social and Behavioral Sciences 132 384 – 390.

Sumantri, 2010, Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 4 Ngawi Tahun Pelajaran 2009/2010, Media Prestasi Vol.. VI No. 3.

Mappeasse, 2009, Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar, Jurnal MEDTEK, Volume 1, Nomor 2.

Siagian, 2014, Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terrhadap Prestasi Belajar Matematika, Jurnal Formatif 2(2): 122-131 ISSN: 2088-351X.

Muldayanti, 2013, Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT ditinjau dari Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa, JPII 2 (1) 12-17.

Sakinah dan Haryati, 2014, Pengaruh Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 2 Kudus Tahun Ajaran 2013/2014, Economic Education Analysis Journal 3 (2).

Noordin and Alias, 2013, The Influence of Interest Learning Outcomes and Student Learning In History, Procedia - Social and Behavioral Sciences 103 577 – 585.

Daud, 2012, Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 19, Nomor 2.

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.