Unsur-Unsur Dinamis Pembelajaran Fasilitas Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Siswa MTs

Muhammad Hatta(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini ada empat, pertama menguji dan menganalisis kontribusi
unsur-unsur dinamis pembelajaran, fasilitas belajar, dan motivasi berprestasi terhadap kepuasan siswa, kedua, menguji dan menganalisis kontribusi unsur-unsur dinamis pembelajaran terhadap kepuasan siswa , ketiga, menguji dan menganalisis kontribusi fasilitas belajar terhadap kepuasan siswa,keempat menguji dan menganalisis kontribusi motivasi berprestasi terhadap kepuasan siswa. Jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian ex-post facto dengan teknik korelasional . Penelitian dilaksanakan di MTs Ta’ mirul Islam Surakarta pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016dengan sampel 105 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling dengan menggunakan tabel kracjie. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi ganda setelah sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.Hasil penelitian ada empat, (1) ada kontribusi unsur-unsur dinamis pembelajaran, fasilitas belajar, dan motivasi berprestasi pada signifikan 0,05 terhadap kepuasan siswa sebesar 27,5%, (2) ada kontribusi unsur-unsur dinamis pembelajaran pada signifikan 0,048 terhadap kepuasan siswa dan memberikan sumbangan efektif sebesar 6,49%, (3) ada kontribusi fasilitas belajar pada signifikan 0,012 terhadap kepuasan siswa dan
memberikan sumbangan efektif sebesar 9,69%, (4) ada kontribusi motivasi berprestasi pada signifikan 0,05 terhadap kepuasan siswa dan memberikan sumbangan efektif sebesar 11,32%.

Keywords

fasilitas belajar; motivasi berprestasi; unsur dinamis pembelajaran; kepuasan

Full Text:

PDF

References

Algifari. 2000. Analisis Regresi (Teori, Kasus dan Solusi ). Yogyakarta:BPFE UGM

Badrudin. 2014. Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks.

Croxton, R. 2014. The Role of Interactivity In Student Satisfaction and Persistence In Online Learning. Journal of Online Learning and Teaching. 10(2), 314-325.

Dimitrios, G. 2015. The Relation Between Distance Education Students Motivation And Satisfaction. Journal of Distance Education-TOJDE School of Physical Education and Sport Science Democritus University of Thrace, 16(2), 13-17.

Ehsan, M. 2010. The Impact of Service Quality on Students’ Satisfaction in Higher Education Institutes of Punjab. Journal of Management Research. 2(2), 1-11.

Fahdita, Rita. 2010. “Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran, Kecerdasan Interpersonal, Komitmen dan Kepuasan Kerja Guru SMK”. Jurnal Ilmu Pendidikan. FT UNM . 18(1), 30-35.

Fita, A. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa BKK Pendidikan Akuntansi Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Pendidikan UNS, 2(3), 211–223.

Khorasani. 2014. A Study On Student’s Satisfaction Towards The Campus Transit System In University Sanis Malaysia. International Journal of Research in Business Management. 2(4), 7–16.

Kirmizi, O. 2015. The Influence of Learner Readiness on Student Satisfaction And Academic Achievement in An Online Program At Higher Education. The Turkish Online Journal of Educational Technology. 14(1), 1-11.

Manzoor, H. 2013. Measuring Student Satisfaction in Public and Private Universities in Pakistan, Global Journal of Management and Business Research Interdisciplinary, 13(3), 4-15.

Mulyasana, D. 2011. Pendidikan Bermutu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Puspayani, D.N. 2012. “ Kontribusi Sarana Prasarana, Layanan Administratif,Kompetensi Profesional Guru terhadap Kepuasan Belajar ( StudiTentangPersepsi Siswa SMA N 1 Sukawati )”.

Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Universitas Pendidikan Ganesha. 7(4), 64–76.

Purwanto, N.M. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, D. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Siswa. Jurnal Economia, 9(1),52–60.

Sallis, Edward. 2012. Total Quality Management In Education. Yogyakarta: IRCiSoD.

Sahin, O. 2014. An Investigation of Student Satisfaction Factors. Journal of Research in Business and Managemet. 2(6), 8–1.

Seng, ELK. 2013. A Qualitative Study of International Student’s Statisfaction of Institutional Quality. Journal Asian Social Science, 9(13), 126-129.

Singh, K. 2011. Study of Achievement Motivation in Relation to Academic Achievement of Sudents. International Journal of Educational Planning And Administration. 1(2), 161–171.

Sopiatin, P. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Subana, S. 2011. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono, Susanto A. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS dan LISREL. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. 2014. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Kartasura:FairuzMedia.

Syah, P. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset.

Uka, A. 2014. Student Satisfaction As an Indicator of Quality in Higher Education. Journal of Educational And Instructional Studies in The World, 4(3), 6-10.

Uno, Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, D. 2012. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat.

Winahyuningsih, P. 2012. Pengaruh Pembelajaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis. 9(2), 1–18.

Zhu, C. 2012. Student Satisfaction, Performance, and, Knowledge Construction in Online Collaborative Learning. Journal International Forum of Educational Technology and Society, 15(1), 127–136.

Article Metrics

Abstract view(s): 3437 time(s)
PDF: 2386 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.