Pengelolaan Bengkel Teknik Mekatronika di SMK

Eko Mulyanto

DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2974

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1).Mendeskripsikan pengadaan alat dan bahan praktik
di bengkel Teknik Mekatronika SMK Negeri 2 Sukoharjo. (2). Mendeskripsikan
Penggunaan alat dan bahan praktik di bengkel Teknik Mekatronika SMK Negeri
2 Sukoharjo. (3). Mendeskripsikan Pemeliharaan alat dan bahan praktik di bengkel
Teknik Mekatronika SMK Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian dilakukan di SMK
Negeri 2 Sukoharjo. Jenis penelitian yang adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan naturalistik. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Desain penelitian menggunakan desain etnografi. Informan sebagai
nara sumber adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana,
kepala paket keahlian teknik mekatronika dan guru praktik teknik mekatronika. Data
yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian/
display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengujian keabsahan mengunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitaian ini adalah menunjukan
bahwa pengadaan peralatan dan bahan secara bertahap dapat dipenuhi oleh sekolah.
Pemerintah pusat memberikan bantuan dana, berupa dana dekonsentrasi yang
direalisasi melalui proposal dan verifikasi proposal. Penggunaan bengkel teknik
mekatronika semata- mata untuk proses pembelajaran praktikum untuk meningkatkan keterampilan siswa. Program kegiatan dalam bengkel teknik mekatronika meliputi pengadaan, penggunaan dan pemeliharaan alat dan bahan. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini untuk pengadaan peralatan bengkel teknik mekatronika sudah baik, perlu mengadakan teknisi pemeliharaan peralatan dan dirancang untuk diadakan perawatan periodik atau berkala. Demikian pula untuk inventarisasi peralatan dan bahan menunjukan hasil belum optimal dikarenakan belum adanya ruang untuk penyimpanan alat dan bahan.

Keywords

pengelolaan; pengadaan; penggunaan dan pemeliharaan alat bahan

Full Text:

PDF

References

Andriani, RF. Yudana, IM dan Natajaya, IN (2015), Identifikasi dan Analisis Kendala dalam Manajemen Pengelolaan Bengkel (Laboratorium) Multimedia di SMK Negeri 3 Singaraja. E-Journal Program Pasca Sarjana. Universitas Pendidikan Ganesha. Program Studi Administrasi Pendidikan. 6 (1) 1- 9

Audu, R., Umar, I.Y., dan Idris, A.M (2013), Facilities provision and maintenance: Necessity for effective teaching and learning in technical vocational education. IOSR Journal of Research & Methods in Education (IOSR-JRME). 3 (1)

Aurigemma, J., et.al. (2013), Turning experiments objects: the cognitive processes involved in the design of lab-on-a-chip device.

Darmastuti H dan Karwanto (2014), Manajemen sarana dan prasarana dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran pada jurusan teknik komputer dan informatika di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 3 (3) 9-20

Darmawan B (2014), Manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal pelopor pendidikan, manajemen sarana prasarana pendidikan. 6 (2) 93-102

Gusbantoro, Hano dan Sutama (2015) Pengelolaan Bengkel Kerja Dalam Mempersiapkan Kemandirian Lulusan di SMK Satya Karya Karanganyar. Jurnal Pendidikan Vokasi, V (1) 156-167

Haron, H.N.B., Esmon, J.B., Yaacob, M.B, dan Abas, L.W.B. (2014), Security management in workshops of vocational studies in Malaysia. Research Journali’s : Journal of Education, 2 (1)

Odden, E R and Wohlstetter (1995), Making School – Based Management Work. Educational leadership 52 (5) 32-36

Pahlevi R, Imron A, Kusumaningrum D E (2016), Manajemen saranan dan prasarana untuk meningkatkan mutu penbelajaran, Manajemen Pendidikan 25 (1) 88-94

Purwanto dan Sukardi,T (2015), Pengelolaan Bengkel Praktik SMK Teknik Pemesinan di Kabupaten Purworejo.Jurnal Teknologi dan Kejuruan 22 (3) 291-305

Putranto, (2016) Pengelolaan Dan Pengembangan Sarana Praktikum Laboratorium Dasar Instalasi Listrik Pada Prodi PTE Universitas Negeri Malang. TEKNO, Vol 25. ( 33-43)

Permendiknas No. 17 (2007), Standar Pengelolaan Pendidikan Bidang Sarana Prasarana. Jakarta PP No. 19 (2005),Standar Nasional Pendidikan, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Ramadina, S dan Hadi, S (2015), Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Bengkel Kerja Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, V (1) 104-116

Ridhotullah, Subekti dan Jauhar, Mohammad. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Riswanti, HT, Samani R, dan Palupi AE. (2015), Pengaruh Pengelolaan Bengkel TKR Terhadap Pengetahuan, Ketrampilan Praktik dan Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Sambeng. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek. 3 (1) 11-20

Rufai, A., Musta’amal, A.H.B., Kamin, Y.B., dan Saud, M.S.B (2013), Provision of Workshop Tools and Equipment: Necessity for Technical Vocational Education Graduates Skills Acquisition. International Seminar on Quality an Affordc. 3 (1)

Rosivia (2014) Peningkatan Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan Di Smp Negeri 10 Padang. Jurnal Administrasi Pendidikan, Bahana Manajemen Pendidikan. 2 ( 1) 661 ‐ 831

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Sudiarta N P, Natajaya N, Yudana I M (2013), Pengelolaan dapur praktik program studi manajemen tata boga STP Bali. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Program Studi Administrasi Pendidikan, Volume 4

Widayati, Febri Setiyasih. (2013). Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Standar Nasional (Studi Situs di SMP Negeri 1 Nogosari Boyolali). Surakarta : Tesis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Wiratma G L dan Subagia W(2014) tentang Pengelolaan Laboratorium Kimia Pada Sma Negeri Di Kota Singaraja: (Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti), Jurnal Pendidikan Indonesia, 3 ( 2) 425 - 436

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.