KECEMASAN TERHADAP MATA AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA SISWA SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH

Arli Aditya Parikesit(1*)

(1) Department of Bioinformatics, School of Life Sciences, Indonesia International Institute for Life Sciences, Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata ajar wajib yang diajarkan di sekolah dasar dan menegah. Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran IPA adalah terjadinya kecemasan pada siswa. Kecemasan pada IPA terjadi di berbagai spektrum populasi siswa, mulai dari kelompok minoritas, sampai pada kebangsaan dan gender tertentu. Di Indonesia, kecemasan IPA juga telah terjadi, dan menjadi  masalah serius. Saat ini beberapa solusi untuk mengatasi kecemasan IPA sudah dapat dilakukan, diantaranya melalui pembelajaran tematik, pengembangan sekolah anak berbakat, pendekatan psikoterapi, pendekatan spiritualisme, kondisi kelas yang positif, Problem Based Learning, dan teknologi informasi. Namun, keberhasilan semua pendekatan tersebut baru dapat terjamin jika guru dapat menjalankan peran sebagai motivator bagi siswa.

Keywords

IPA, Kecemasan, Sekolah anak berbakat, Teknologi Informasi, Motivator Siswa

Full Text:

PDF

References

Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Amalia, L. 2014. "Menjelajahi Diri dengan Teori Kepribadian Carl R. Rogers". MUADDIB. Retrieved from http://journal.umpo.ac.id/index.php/MUA/article/view/29

Amiroh, A. (2012). Kupas Tuntas Membangun E-learning dengan Learning Management System Moodle Versi 2. (Nauwaf, Ed.) (I.). Sidoarjo: Genta Group Production.

Arnasih, N. W., Marhaeni, A. A. I. N., & Arnyana, I. B. P. 2015. "Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik Berbantuan Cerita Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Calistung Siswa Kelas III SD di Gugus V Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar". Jurnal Pendidikan Dasar. Retrieved from http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1473

Beane, D. B. 1987. Mathematics and Science: Critical Filters for the Future of Minority Students. dari http://eric.ed.gov/?id=ED338758. diunduh 23 April 2015

Brahim, T. 2007. "Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Melalui Pendekatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati di Lingkungan Sekitar". Jurnal Pendidikan Penabur, 6(9). Retrieved from http://www.p07jkt.bpkpenabur.or.id/files/Hal. 37-49 Peningkatan Hasil Belajar Sains.pdf

Budiharti, R., Ekawati, EY., P., Wahyuningsih, D., H,FF. 2015. Penggunaan Blended Learning dengan Media Moodle untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMP. Cakrawala Pendidik,1(1). http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/4184. Accessed April 22, 2015.

Caesario, M. 2010. "Medical Students’ Experience with Problem-Based Learning in Asia: A Literature Review". The Journal of The Indonesian Medical Students’ Association. Retrieved from http://indonesia.digitaljournals.org/index.php/jmkidn/article/view/141

Chen, C., & Stevenson, H. W. 1995. "Motivation and Mathematics Achievement: A Comparative Study of Asian-American, Caucasian-American, and East Asian High School Students". Child Development, 66(4), 1215–1234. doi:10.1111/j.1467-8624.1995.tb00932.x

Damiyanti, M. 2004. Kemampuan memecahkan masalah material kedokteran gi gi : Studi korelasional antara pengetahuan awal,berpikir kreatif dan konsep diri akademik dengan kemampuan memecahkan masalah pada mahasiswa fakulta s kedokteran gigi Universitas Indonesia,Jakarta (2002). UNJ.

Damiyanti, M., Herfiana, T., & Margaretha, S. 2005. "Previous Knowledge, Anxiety toward PBL Strategy and Outcomes Assessment". In 4th International Symposium on problem-based Learning in Dental Education (p. 1). Bangkok.

Davis, B. G. (2009). Tools for Teaching. John Wiley & Sons. Retrieved from https://books.google.com/books?id=VuwN_tnazNkC&pgis=1

Djariyo, D., Mudzanatun, M., & Budi Wijaya, E. 2014. "Penerapan Model Pembelajaran Role Playing pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Semester I SDN Wonokerto 1 Karangtengah Demak Tahun Ajaran 2011/2012". MALIH PEDDAS. Retrieved from http://e-jurnal.upgrismg.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/496

Eriany, P., Hernawati, L., & Goeritno, H. 2013. "Studi Deskriptif Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Mengikuti Kegiatan Bimbingan Belajar pada Siswa SMP di Semarang". Psikodimensia, 13(1), 115–130.

Fatkur, T. R. 2013. "Peningkatan Pembelajaran Pelestarian Alam Melalui Metode Field Trip Siswa Sekolah Dasar". Journal of Elementary Education. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/2086

Jailani. 2002. Kecemasan matematika mahasiswa : Survei di FMIPA Universitas Negeri. Yogyakarta (2000). UNJ.

Jarvis, T., & Pell, A. 2005. "Factors influencing elementary school children’s attitudes toward science before, during, and after a visit to the UK National Space Centre". Journal of Research in Science Teaching, 42(1), 53–83. doi:10.1002/tea.20045

Kemendikbud. 2013. Bahan Ajar Pengelolaan Pembelajaran Tematik Terpadu.

Kusrini, G. E., Arbianti, R., Utami, T. S., Krisanti, E., & Mulia, K. 2014. " Pengembangan Group Skill Mahasiswa pada Mata Ajaran Kimia Fisika dengan Metode Pembelajaran Problem Based Learning". In SEMINAR NASIONAL KIMIA DAN PENDIDIKAN KIMIA VI: Pemantapan Riset Kimia dan Asesmen Dalam Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik (pp. 82–86).

Mallow, J. V. 1994. "Gender-related science anxiety: a first binational study". Journal of Science Education and Technology, 3(4), 227–238. doi:10.1007/BF01575898

Mersand, S. 2014. LMS PRODUCT GUIDE. Tech & Learning. dari http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eue&AN=96807978&site=ehost-live. diunduh pada 25 April 2015

Montessori, M. 2013. The Montessori Method (Vol. 1). Transaction Publishers. Retrieved from http://books.google.com/books?id=LTLwAQAAQBAJ&pgis=1

Morgan, C. T., & King, R. A. 1986. Introduction to Psychology. Singapore: MGraw-Hill Book Co. Retrieved from https://books.google.com/books?id=ZsEtAAAAYAAJ&pgis=1

Moursund, D., & Bielefeldt, T. 1998. Will New Teachers Be Prepared To Teach in a Digital Age? A National Survey on Information Technology in Teacher Education. dari http://eric.ed.gov/?id=ED428072. diunduh pada 26 April 2015

Mu’arifah, A. 2005. "Hubungan Kecemasan dan Agresivitas". Indonesian

Psychological Journal, 2(2), 102–11.

Munandar, S. C. U. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan. Retrieved from http://books.google.co.id/books/about/Kreativitas_dan_Keberbakatan.html?id=Qup3AAAACAAJ&pgis=1

Naim, N. 2010. "Aneka Ragam Spiritualitas Dalam Kebudayaan Kontemporer". El-HARAKAH. Retrieved from http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/infopub/article/view/443/711

Naim, N. 2015. "Kebangkitan Spiritualitas Masyarakat Modern". KALAM. Retrieved from

http://ejournal.iainradenintan.ac.id/index.php/KALAM/article/view/737

Nugroho, F. W., & Karyono, K. 2014. "Hubungan antara Hardiness dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir". Empati. Retrieved from http://www.ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/7540

Nurohman, S. 2008. "Peningkatan Thinking Skills Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Konstruktivisme di Sekolah Alam". Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(1), 129–144. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1423

Prabowo, H., & Feri, N. 2009. "Simbol Dalam Psikoterapi Transpersonal. Universitas Gunadarma". Retrieved from http://repository.gunadarma.ac.id:8080/jspui/handle/123456789/2666

Rusmono, R., & Yusro, M. 2012. "Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika". In Seminar Internasional Peran LPTK Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia (pp. 273–284).

Rustaman, N. Y. 2011. "Pendidikan dan Penelitian Sains dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Pembangunan Karakter". Prosiding Seminar Biologi. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/748

Samba, S. 2007. Lebih baik tidak sekolah. PT LKiS Pelangi Aksara. Retrieved from http://books.google.com/books?id=wWFbIOSDwAUC&pgis=1

Semiawan, C. R. 1992. Pengembangan Kurikulim Berdiferensiasi. Jakarta: Grasindo.

Semiawan, C. R., Munandar, A. ., & Munandar, S. G. . 1990. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Menengah (III.). Jakarta: Gramedia.

Stewart, W. 2014. Building self esteem: How to replace self-doubt with confidence and well-being. Little, Brown Book Group. Retrieved from https://books.google.com/books?id=1H6eBAAAQBAJ&pgis=1

Strommen, E. F., & Lincoln, B. 1992. "Constructivism, Technology, and the Future of Classrom Learning". Education and Urban Society, 24(4), 466–476.

Suardana, A. A. P. C. P., & Simarmata, N. 2013. "Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Denpasar Menjelang Ujian Nasional". Jurnal Psikologi Udayana. Retrieved from http://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/8497

Sukerti, N. N., Marhaeni, A. A. I. N., & Suarni, N. K. 2015. "Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu melalui Pendekatan Saintifik terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara". Jurnal Pendidikan Dasar. Retrieved from http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1468

Supardi, K. I. 2014. "Chemical-Science Education Integrated with Religion". In The 9th Joint Conference on Chemistry (pp. 454–460). Semarang: UNNES Press.

Susiani, K., Dantes, N., & Tika, N. 2013. "Pengaruh Model Pembelajaran Quantum terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Banyuning". Jurnal Pendidikan Dasar. Retrieved from http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/525

Tilgner, P. J. 1990. "Avoiding science in the elementary school". Science Education, 74(4), 421–431. doi:10.1002/sce.3730740403

Treepuech, W. 2011. "The application of using social networking Sites with available online tools for teaching and learning management". 2011 IEEE International Symposium on IT in Medicine and Education, 1, 326–330. doi:10.1109/ITiME.2011.6130844

Utomo, D. P. 2012. "Model Pembelajaran Kooperatif; Teori Yang Mendasar dan Prakteknya Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan". Jurnal Pendidikan Matematika. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/penmath/article/view/583

Widiastiti, L. P. S., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. 2015. "Studi Pengembangan Penyusunan RPP Tema Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi Pendekatan Saintifik Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013". Jurnal Pendidikan Dasar. Retrieved from http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1484

Yolanda, A. E., & Karwur, F. F. 2013. "Tingkat Kecemasan Pasien Kanker Serviks pada Golongan Ekonomi Rendah yang Mengikuti Program Kemoterapi di RSUD Dr. Moewardi The level of Anxiety in Cervical Cancer Patients of Lower Socioeconomic Status Receiving Chemoteraphy in RSUD Dr. Moewardi". Jurnal Sains Medika. Retrieved from http://www.sainsmedika.fkunissula.ac.id/index.php/sainsmedika/article/view/164

Zaini, R. Z. R., Alpusari, M. A. M., & N. H. L. 2015. "Application of Problem Based Learning Model to Enhance Student Learning Outcomes Science Elementary School Fifth Grade 145 Pekanbaru". Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Retrieved from http://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/5739

Article Metrics

Abstract view(s): 885 time(s)
PDF: 1059 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.