Peningkatan Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Tutor Sebaya Berbasis Diskusi pada Guru SLB B YPALB Karanganyar
Yuliati Farida(1*)(1) SLB B YPALB Karanganyar
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatan penguasaan teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) pada guru SLB – B Karanganyar dengan tutor sebaya berbasis
diskusi. Subyek penelitian 12 orang guru. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Sekolah. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian siklus 1, guru mengalami peningkatan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi setelah dilakukan kegiatan diskusi dengan tutor sebaya. Prosentase keaktifan peserta setelah siklus 1, 56,25 % atau berada pada rentang 50% < P ≤ 60% atau cukup meningkat menjadi 82,50 %, atau berada pada rentang 80% < P ≤ 100% atau sangat tinggi setelah siklus 2. Prosentase keaktifan peneliti setelah siklus 1, 83,30 % atau berada pada rentang 80% < P ≤ 100% atau sangat tinggi meningkat menjadi 95,80 % atau berada pada rentang 80% < P ≤ 100% atau sangat tinggi setelah siklus 2. Jumlah guru yang menguasai TIK juga mengalami peningkatan. Sebelum dilakukan tindakan, guru yang menguasai TIK baru 25 %. setelah siklus 1 meningkat menjadi 58,33 % dan menjadi 83,33 % setelah siklus 2. Kesimpulan penelitian, kegiatan tutor sebaya berbasis diskusi dapat meningkatkan kemampuan penguasaan TIK pada guru SLB-B YPALB Karanganyar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka
Cipta
_______ 2005. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Dirjen PMPTK.
Irwanto, 2007. Focus Group Discussion: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: Yayasan Obor
Indonesia.
Awaluddin Yusuf, Iwan. 2011, Memahami Focus Group Discussion. Diunduh di https://
bincangmedia.wordpress.com/2011/03/28/relasi-media-dan-konsumtivisme-padaremaja/
Tanggal 3 Maret 2015
Doyin, Mukh. 2015. Judul dan masalah PTK. Makalah pelatihan karya tulis ilmiah tahap 1
BP-diksus Provinsi Jateng. Semarang: 2-4 maret 2015.
Kominfo, (2010), Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika 2010-2014.
(online) tersedia pada web.kominfo.go.id/sites/default/files/renstra-2010-2014.pdf.
Akses 09 Maret 2015
Majid, Abdul. 2014. Srtategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya
Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta
Semi, Atar M, 2008. Trampil Berdiskusi dan Berdebat. Bandung. Titian Ilmu.
Setyomukti, Eni (2013). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Meningkatkan
Profesionalisme Guru. Diunduh dari http: //inueniyasha77.blogspot.com Tanggal 5
Maret 2016
Sutama, 2014. Penelitian Tindakan : PTK, PTS dan PTBK. Surakarta : Fairus Media ‘Duta
Permata Ilmu”.
Tuhusetya, Sawali. 2007). Diskusi Kelompok Terbimbing Model Tutor Sebaya. Diunduh dari
http://sawali.info/category/pendidikan. tanggal 5 Maret 2016
UU Guru dan Dosen No.14 Tahun 2005. (online) tersedia pada sa.itb. ac.id/Ketentuan%20
Lain/UUNo142005 (Guru%20&%20Dosen). pdf. Akses 09 Maret 2016
Article Metrics
Abstract view(s): 506 time(s)PDF: 1988 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.