Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD
N. Nasrudin(1*), M. Maryadi(2)(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam proses pembelajaran. Objek penelitian terdiridari:(1) perencanaan,(2) penetapan, (3) inventarisasi, (4) pemeliharaan dan (5) penghapusan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subyek penelitian adalah guru yang berjumlah tiga orang. Data yang dikumpulkan melalui tiga cara yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan sarana dan prasarana pendidikan dalam proses pembelajaran melalui analisis kebutuhan (evaluasi diri sekolah), pembiayaan, dan analisis prioritas. (2) pengadaan sarpras dalam proses pembelajaran bersumber pada reparasi, dana pemerintah, sumbangan masyarakat, peminjaman barang; dan dengan memperhatikan kualitas serta fungsi pada proses pembelajaran.(3) penginventarisasi sarpras dalam proses pembelajaran seperti pencatatan kode, jumlah, harga barangdan lain sebagainya dengan tujuan untuk pengendalian sarana dan prasarana sekolah.(4) pemeliharaan sarpras dalam proses pembelajaran melalui pemeliharaan sehari-hari melibatkan guru dan siswa sasarannya buku pelajaran, ruang kelas, alat pembelajaran; dalam pemeliharaan berkala mencakup pemeliharan gedung sekolah, penggantian plafon, kursi, meja, LCD dan komputer.(5) penghapusan sarpras dalam proses pembelajaran sudah dilakukan dengan baik melalui prosedur penghapusan dan memperhatikan beban kerja tenaga pendidik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M. & Barnawi. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta. Ar-Ruzz.
Benty, D.D.N.,& Gunawan, I. 2017. Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung:
Alfabeta.
Gonzales, N.C., Kuuskropi, M., Kaarina., & Finland. 2011. The Future of The Phisical Learning
Environment: School Facilities That Support The User. CELE Exchange.ISSN 2072-7925.
Idris, A.M., Umar, I.Y., & Audu. 2013. Facilities Provision and Maintenance: Necessity for Effective Teaching and Learning in Technical Vocational Education. IOSR Journal of Research
& Method in Education.Vol. 3.Issue 1. P-ISSN: 2320-737X, E-ISSN:2320-7388.
Ihuoma, P.A. 2008. The Need for Effective Facility Management in Schools in Nigeria. New
York Science Journal. ISSN 1554-0200.
Ilomo, Onesto. 2016. The Availability of Teaching and Learning Facilities and Their Effects
on Academic Perfromance in Ward Secondary Schools in Muheza, Tanzania. International
Journal of Education and Research. University of Arusha.Vol. 4, No 6. ISSN: 2411-5681.
Kompri. 2014. Manajemen Pendidikan 1. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Oluwole, A.F., Sabitu, A.O., & Babatunde, E.G. 2012. School Types, Facilities and Academic
Performance of Students in Senior Secondary School in Ondo State, Nigeria. International
Education Studies. Vol. 5, No. 3. P-ISSN:1913-9036.
Spradley, J.P. 2010. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Taylor, L.L., Gronbreg, T.J., & Jansen, D.W. 2011. The Impact of Facilities on The Cost of
Education. National Tax Journal. Vol. 64, No. 1
Uko, E.S. 2015. Principalship and Effectivite Management of Facilities in Secondary Schools
in Cross River State, Nigeria. International Journal of Academic Research and Reflection.
Departement of Educational Administrasi & Planning.Vol. 3, No. 1.ISSN: 23090405.
Article Metrics
Abstract view(s): 14051 time(s)PDF: 50395 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.