Pengelolaan Full Day School dalam Membentuk Karakter Siswa SD

Wahid Iskandar(1*), Sabar Narimo(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian full day school dalam membentuk karakter siswa di SD Muhammadiyah Program Khusus Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan full day school dalam membentuk karakter siswa dimulai dengan penyusunan kalender akademik agar waktu pembelajaran yang diterima oleh siswa dapat diterima secara penuh; pengondisian lingkungan dan fasilitas sekolah menjadi media dalam rangka membentuk karaktersiswa; mengembangkan silabus dan RPP dengan memuat nilai-nilai karakter; serta pengintegrasian pengembangan karakter dalam kurikulum pada setiap mata pelajaranmengacu pada kurikulum nasional yang diperkaya dengan kurikulum Depag dan kurikulum mandiri yang memuat nilai-nilai keislaman, program pengembangandiri, dan budaya sekolah. 2) Pelaksanaan full day school dalam membentuk karakter siswa terdiri atas kerjasama seluruh guru dan tenaga kependidikan bertanggungjawab dalam membentuk karakter siswa; membangun komunikasi dan kerjasama dengan orang tua siswa melalui buku penghubung dan pertemuan rutin; menjalin hubungan harmonis antara guru siswa dengan meniadakan ruang guru agar guru dapat mengawasi dan mengontrol aktivitas siswa; mengintegrasikan nilai karakter ke dalam mata pelajaran sesuai dengan standar proses dan penilaian yang ada di sekolah; pelaksanaan pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler; dan pelaksanaan program budaya sekolah melalui kegiatan rutin sekolah dan keteladanan guru. 3) Pengendalian full day school dalam membentuk karakter siswa terdiri atas penilaian terhadap tenaga pendidik dan kependidikan melalui monitoring internal, monitoring eksternal dan observasi; kerjasama dengan orang tua siswa dengan mengadakan POMG dan menyediakan buku penghubung; dan penilaian keberhasilan siswa melalui nilai harian, bulan dan akhir semester. Adapun aspek karakter siswa yang dinilai dalam pengembangan diri dan pembiasaan yaitu: kedisiplinan dan tanggung jawab, kebersihan dan kerapian, kerjasama, sopan santun, kemandirian, kerajinan, kejujuran, kepemimpinan, dan ketaatan.

Keywords

pengelolaan; full day school; karakter siswa

Full Text:

PDF

References

Aisyah, N., Emosda, & Suratno. 2015. “Implementasi Pendidikan Karakter di SDIT Nurul Ilmi Kota Jambi”. Tekno-Pedagogi, Vol. 5, No. 1, hlm. 50-63.

Depiyanti, O.M. 2014. “Model Pendidikan Karakter di Islamic Full Day School (Studi Deskriptif pada SD Cendekia Leadership School, Bandung)”. Jurnal Tarbawi, Vol. 1,No. 3, hlm. 221-233.

Djailani, AR. 2013. “Strategy Character Building of Students at Excellent Schools in the City Of Banda Aceh”. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME, Vol. 1, Issue 5, pp. 49-59.

Haling, A. et. al. 2012. “The Development of Character Education Curriculum for Elementary School Students”. International Journal on Social Science Economics & Art. Vol. 2 (2012) No. 4 ISSN: 2088-5342.

Lieu, T.T.B. 2014. “Full Day Schooling Performance of Primary Schools in Disadvantaged Areas in Vietnam: A Comparative Case Study”. VNU Journal of Science: Education Research, Vol. 30, No. 4 (2014) 17-30.

Miles, B.M & Huberman, A.M. 2008. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Saifuddin. 2014. Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish. Tam, T.N.M. dan Pasquier-Doumer, L. 2017. “Does full-day schooling reduce educational inequality in Vietnam?”. Centre for Analysis and Forecasting, Vietnam Academy of Social Sciences, Hanoi, Vietnam.

Utomo, T.P. 2016. Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Melalui Pendidikan Full Day School. Al-Asasiyya: Journal Of Basic Education, Vol. 01 No. 01 Juli-Desember, hlm. 61-77.

Williams, H.R.S. 2010. “Widening the Lens to Teach Character Education Alongside Standards Curriculum”. The Clearing House Journal, 83: 115–120, 2010.

Yusuf. 2017. “Full Day School: School Excellence Model Implementation Process For A Good Education”. Proceedings ICTESS UNISRI 2017, Vol 1, Number 1, pp. 303-312.

Zerillo, L. 2012. “The Face of Character: Encouraging Morality in Children by Confronting Bullying Through Character Education”. TCNJ Journal Of Student Scholarship, Vol. XIV, April 2012, pp. 1-15.

Article Metrics

Abstract view(s): 3659 time(s)
PDF: 2109 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.