Pengelolaan Pendidikan Karakter pada Kegiatan Praktik Kerja Industri di SMK

Nur Mei Melasi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini memiliki empat tujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan
pendidikan karakter pada kegiatan prakerin kelas XI. (2) perencanaan pendidikan
karakter pada kegiatan prakerin kelas XI. (3) penilaian pendidikan karakter pada
kegiatan prakerin kelas XI, dan (4) pengembangan nilai-nilai spiritual dalam pendidikan karakter pada kegiatan prakerin kelas XI di SMK N 1 Gondang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Perencanaan pendidikan karakter pada kegiatan prakerin dilakukan dengan mengadakan perjanjian kerjasama dengan DU/ DI, seleksi penempatan siswa di tempat DU/ DI disesuaikan dengan bidang keahlian siswa, dan berdasarkan nilai tes di tempat prakerin dan nilai raport. Sekolah memberikan pembekalan pengetahuan moral kepada siswa selama dua kali pertemuan di sekolah bersama-sama dengan siswa lainnya dan di kost atau mess yang lokasinya dekat dengan DU/ DI. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter pada kegiatan prakerin dilakukan melalui penyerahan siswa prakerin ke DU/ DI dengan mengingatkan kembali siswa bertindak sopan santun, ramah, jujur, berperilaku baik, menjaga nama baik sekolah dan keluarga. Siswa mengisi buku jurnal. Guru pembimbing melakukan monitoring sebanyak 4 kali untuk mengetahui perkembangan siswanya di tempat DU/ DI. Selama pelaksanaan kegiatan prakerin terdapat permasalahan adanya siswa yang membolos, datang terlambat, berpacaran, dan penampilan tidak rapi. (3) Penilaian pendidikan karakter pada kegiatan prakerin dilakukan melalui penilaian siswa yang mencakup penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator penilaian sikap ini adalah jujur, tanggung jawab, disiplin, dan santun. (4) Pengembangan nilai-nilai spiritual dalam pendidikan karakter pada kegiatan prakerin yaitu tanggung jawab, jujur, disiplin, dan kerja keras.

Keywords

pengelolaan; pendidikan karakter; praktik kerja industri

Full Text:

PDF

References

Anwar, M. J. dan Salam, M.A.As. 2015. Membumikan Pendidikan Karakter: Implementasi Pendidikan Berbobot Nilai dan Moral. Jakarta: CV. Suri Tatu’uw.

Cubukcu, Z. 2012. The effect of Hidden on Character Education Process of Primary School Students. Educational Sciences: Theory & Practice. Vol. 12. No. 2, (Hlm. 1526-1534).

Mahmudi, M. 2013. Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda Bersertifikat ISO di SMK Negeri 1 Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 1, No. 2. (Hlm. 101111).

Miles, B. M & A. Michael Huberman. 2008. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Nurharjadmo, W. 2008. Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Sistem Ganda Di Sekolah Kejuruan. Spirit Publik. Vol. 4, no. 2 (Hlm. 215-228).

Putri, V. E; Prantiasih, A & Atok, A. R. A. 2013. Pendidikan Karakter Dalam Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa SMK Negeri 1 Pungging di PT. Sinar Sosro KBPMojokerto.

Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 2, No. 1.

Sanderse, W. 2013. The Meaning of Role Modelling in Moral and Character Education. Journal of Moral education. Vol. 42, No. 1 (Hlm. 28-42).

Sunardi. 2017. Pengelolaan Praktik Kerja Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 12, No. 1 (Hlm.

-104).

Article Metrics

Abstract view(s): 794 time(s)
PDF: 413 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.