Pengelolaan Pembelajaran Matematika Studi Kasus pada Siswa kelas X SMK

D Daryana(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kaidah tentang perencanaan,
pelaksanaan dan penilain pembelajaran matematika kelas X di SMK Negeri 6
Surakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus yang
terjadi di SMK Negeri 6 Surakarta. Informan penelitian ini meliputi kepala sekolah,
guru matematika kelas X dan siswa kelas X. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah,
guru matematika kelas X, siswa kelas X Akuntansi dan dokumen kurikulum. Teknik
pengumpulan data berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa 

data mengunakan model mengalir/interaktif.Hasil peneletian ada tiga: 1) Perencanaan
pembelajaran sangat memperhatikan apek-aspek pembelajaran, diantaranya dengan
manajemen pembelajaran yang efektif dan pengelolaan kelas. Rencana pelaksanaan
pembelajaran mengacu pada kurikulum 2013 antara lain memuat: materi pokok dan
alokasi waktu, tujuan pembelajaran, metode/model pembelajaran, langkah-langkah
pembelajaran dan penilaian hasil belajar; 2) Pelaksanaan pembelajaran selalu
diawali dengan pembiasaan pembentukan karakter siswa, diantaranya dengan cara
berdoa dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya ketika pembelajaran jam
pertama dan motivasi serta menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru menyuruh
siswa untuk diskusi kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
Akhir pembelajaran, siswa diminta membuat kesimpulan dan tugas mandiri; 3) Hasil
penilaian pengetahuan diperoleh dari seberapa jauh pemahaman materi, penilaian
keterampilan diperoleh dari hasil pekerjaan siswa yang berupa proyek dan aktivitas
siswa, sedangkan penilaian sikap menggunakan jurnal. Guru menggunakan penilaian
autentik (authentic assessment) dalam menilai seluruh aktivitas siswa dalam proses
pembelajaran.

 

Keywords

pengelolaan; pembelajaran; matematika

Full Text:

PDF

References

Abimartono. 2010. Peningkatan Pemahaman Fakta Sejarah melalui Metode Pemberian Tugas

pada Siswa kelas XI IPS 1 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Paramita. ISSN:

-0039, Vol. 20 No. 2, hal. 228.

Aisyah, N., Emosda and Suratno. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter di SDIT Nurul

Ilmi Kota Jambi. Tekno-Pedagogi, ISSN 2088-205X, Vol. 5, No. 1, hal. 63.

Anwar, K. 2016.Panel Discussion and the Development of Students’ Self Confidence.

Canadian Center of Science and Education. ISSN 1916-4742 E-ISSN 1916-4750. Vol.

, No. 4, p. 224.

Azim, S. and Mohammad Khan. 2012. Authentic Assessment: an Instructional Tool to

Enhance Students Learning. Academic Research International. ISSN: 2223-9944, Vol.

, No. 3, p. 314.

BSNP. 2006. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006,

tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Carr, N.S. 2013. Increasing the Effectiveness of Homework for All Learners in The Inclusive

Classroom. School Community Journal. Vol. 23, No. 1, p. 169.

Cicek, V. and Hidayet Tok. 2013. Effective Use of Lesson Plans to Enhance Education.

International Journal of Teaching and Education. ISSN 2336-2022, Vol. II, No. 2, p.

-334.

Demirdag, S. 2015. Self–Assessment of Middle School Teachers: Classroom Management

and Discipline Referrals. International Journal on New Trends in Education and Their

Implications. ISSN 1309-6249, Vol. 6, p. 45.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Liberante, L. 2012. The Importance of Teacher–Student Relationships, as Explored Through

the Lens of the NSW Quality Teaching Model. Journal of Student Engagement:

Education Matters. Vol. 2(1), p. 2-9.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Rahman, F., Nabi Bux Jumani., Abdul Basit., Saeedul Hassan Chishti and Muhammad Ajmal.

Let the teacher manage the challenge of classroom management. International

Journal of Business and Social Science. Vol. 1 No. 1, p. 96.

Rohman, A.S. 2011. Kinerja Guru Dalam Perencanaan, Proses Pembelajaran dan Penilaian

Hasil Belajar (Evaluasi). (http://asepsaepulrohman.blogspot. co.id). Diakses 10

September 2016 pukul 22:28.

Rubio, C.M. 2009. Effective Teachers –Professional And Personal Skills. (online). https://

dialnet.unirioja.es/descarga/articulo/3282843.pdf. Diakses 12 Sep- tember 2016 pukul

:15.

Saeed, S. 2012. How Motivation Influences Student Engagement. Journal of Education and

Learning. ISSN 1927-5250, Vol. 1, No. 2, p. 252.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumardi. 2017. Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study

di SMP Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. The 5

Urecol Proceeding

UAD Yogyakarta. ISBN 978-979-3812-42-7, hal. 363.

th

Sumardjoko, B. 2013. Strategi Penguatan Karakter Peserta Didik melalui Kepemimpinan dan

Budaya Sekolah. Prosiding seminar nasional pendidikan dalam rangka dies natalis ke

Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Hal. 136.

Sutama., Sabar Narimo and Haryoto. 2012. Mathematics Learning Management at Elemantary

School Post Merapi Eruption. International Journal of Education. ISSN 1948-5476,

Vol. 4, No. 4, p. 192.

Article Metrics

Abstract view(s): 605 time(s)
PDF: 3350 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.