Dukungan Kualitas Input Siswa, Komitmen Guru, Sarana dan Prasarana terhadap Kemandirian Belajar Kimia di SMK
Kartika Pratiwi(1*), S Suyatmini(2)(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji dukungan: 1) kualitas input
siswa, komitmen guru, dan sarana prasarana, 2) kualitas input siswa, 3) komitmen
guru dan 4) sarana prasarana terhadap kemandirian belajar kimia di SMK Pancasila
1 Wonogiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain
korelasional menggunakan proporsional random sampling yang populasinya seluruh
siswa kelas XI, sebanyak 502 siswa. Data diambil melalui angket tertutup. Teknik
pengumpulan data dibantu dengan observasi dan wawancara. Teknik Analisis Data
menggunakan Uji Regresi Linear Ganda. Hasil penelitian ini adalah 1) Dukungan
Kualitas Input Siswa, Komitmen Guru, dan Sarana dan Prasarana secara serentak
berpengaruh terhadap Kemandirian Belajar Siswa yaitu dipengaruhi adanya sarana
prasarana, dalam hal ini perangkat lunak komputer, 2) Dukungan Kualitas Input Siswa
berpengaruh signifikan terhadap Kemandirian Belajar Siswa yang bermakna jika
sumber daya manusia dapat efektif dan efisien maka suatu organisasi akan menjadi
maju, 3) Dukungan Komitmen Guru berpengaruh signifikan terhadap Kemandirian
Belajar Siswa yaitu mempengaruhi kinerja salah satu wujudnya muncul kemandirian
belajar siswa dan 4) Dukungan Sarana dan Prasarana berpengaruh signifikan terhadap
Kemandirian Belajar Siswa yaitu mendukung metode guru dalam pembelajaran yang
salah satu tujuannya membangkitkan sifat kemandirian belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adeniyi, A.E, & Yusuf, H,O.2016 . Effects Of Computer Assisted Instruction On Independent
Learning Skills Of Economics Students In Secondary Schools In Kaduna State, Nigeria
European Journal of Alternative Education Studies. Volume 1,Issue 2,85-93.
Antwi,J.O., Opoku,A.C., Seth, A, & Margaret,O-B. 2016. Assessing The Human Resource
Management Practices Of Public Banks From Employees Perspective: Case Study Of
Selected Branches Of Ghana Commercial Bank, Kumasi . Global Journal of Human
Resource Management. Vol.4, No.1, pp.13-30.
Caniaga, W. 2014. Komitmen Guru Yang Disertifikasi Dalam Melaksakan Tugas DI SMK
Negeri Kelompok Bisnis Manajemen Kota Padang. Jurnal Administrasi Pendidikan.
Volume 2, Nomor 1, 781-831.
Firdaus, Nadirsyah, & Fahlevi,H. 2015. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Pemanfaatan
Teknologi Informasi dan Penerapan Kebijakan Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan
Keuangan Pemerintah Kota Banda Aceh. Jurnal Magister Akuntansi. Volume 4, No.
,45-54.
Hadiyani, & Indah, M. 2013. Komitmen Organisasi Ditinjau Dari Masa Kerja Karyawan.
Jurnal Online Psikologi. Volume 01, Nomor 1, 159-173.
Han,J.,Yin, H., & Wang,W.2015. The effect of tertiary teachers’ goal orientations for teaching
on their commitment: the mediating role of teacher engagement. An International
Journal of Experimental Educational Psychology. Vol. 36, No. 3, 526–547.
Ibrahim,M.S., Ghavifek,S., Ling,S., Siraj,S, & Azeez,M.I.K.2014. Can transformational
leadership influence on teachers’ commitment towards organization, teaching
profession, and students learning? A quantitative analysis. Jurnal Asia Pacific
Education. 15:177–190.
Isnawati,N.& Samian.2012. Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar dan
Motivasi Belajar Mahasiswa.Skripsi.Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Jannah,W.2014. Komitmen Guru Dalam Melaksanakan Tugas Di Sekolah Menengah Atas
(SMSA) Kecamatan Rokan IV Koto. Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 2,
Nomor 1,789 ‐ 831.
Kaczorowski,T., & Raimondi,S.2014. eWorkbooks for Mathematics: Mapping the Independent
Learning Experiences of Elementary Students with Learning Disabilities. Journal of
Learning Analytics, Volume 1,No 3, 179–182.
Megasari,R.2014. Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk
Meningkatan Kualitas Pembelajaran Di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Administrasi
Pendidikan. Volume 2, Nomor 1,636 ‐ 831.
Mudjiman,H.2008. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.
Oke,L.2015. Human Resources Management. International Journal Of Humanities and
Cultural Studies. Volume 1,Issue 4,376-387..
Rahayu, & Sutama.2015. Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Varia Pendidikan. Vol. 27, No. 2, 123-129.
Rahayu, Oki,H., Sumardjoko, B., & Sumardi.2014. Kontribusi Keterampilan Guru Dalam
Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Tanggung Jawab Siswa dan
Dampaknya Pada Kemandirian Belajar Pkn SMP. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol.
, No. 2, 150-156.
Red’ko,L., Yuzhakova, M., & Yanushevskaya,M.2015. Creative Independent Learning For
Developing Students’ Professional Competencies. International journal of ProcediaSocial
and Behavioral Science.Vol.
, 319-324.
Rijal.S, & Bachtiar.S.2015. Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar
dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal BIOEDUKATIKA Vol. 3 No. 2, 15-20.
Rusman.2012. Model – Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada
Saani,J.A., Opare, A.D., & Annaesi J.2014. The Complex Influence of School Organizational
Culture on Teachers’ Commitment to the Teaching Profesion. Jurnal Pendidikan
Malaysia 39(2), 101-107.
Sutama.2016. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta : Fairuz Media.Duta Permata Ilmu.
Suranto. 2015. Pengaruh Motivasi, Suasana Lingkungan dan Sarana Prasarana Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada SMA Khusus Putri SMA Islam
Diponegoro Surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol. 25, No, 2. 11-19.
afqihan, Z., & Suryanto.2014. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Komitmen Profesional
Dan Dampaknya Pada Kinerja Serta Kepuasan Kerja Guru Matematika SMP Dan MTS.
Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 1, Nomor 2, 284-296.
Article Metrics
Abstract view(s): 648 time(s)PDF: 614 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.