Langkah-Langkah Mengajarkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah

Maryadi Maryadi(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan penyiapan kurikulum
pendidikan karakter, (2) mengkaji penyiapan guru pelajaran pendidikan karakter, (3)
mengkaji pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter, dan (4) mengkaji evaluasi
kurikulum pendidikan karakter. Penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan studi
multikasus. Peneliti adalah instrumen utama. Teknik sampling adalah snowball sampling.
Pengumpulan data menggunakan: wawancara mendalam, observasi-partisipan, dan
studi dokumen. Subyek penelitian ini adalah Mantan Kasubdin SMP, Mantan Kepala
Sekolah, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru-guru SMP di Surakarta.
Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas. Teknik analisis lintas
kasus adalah constant-comparative model Glaser dan Strauss (1967). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Penyiapan kurikulum pendidikan karkter menghasilkan
perangkat pembelajaran. (2) Penyiapan guru berupa pengenalan materi dan pelatihan
metode pembelajaran pendidikan karakter, 3) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan
karakter meliputi: (a) tujuan pembelajaran: menanamkan nilai moral, membiasakan
perilaku, dan mencegah perilaku tercela; (b) materi pembelajaran mencakup nilainilai:
ketuhanan, diri sendiri, lingkungan sosial, dan spiritualitas; (c) metode
pembelajaran: student-centered learning dan pembiasan; (d) sarana-prasarana dan
media pembelajaran: mushola, Lab. Budi Pekerti, kantin kejujuran, multi media, bahan
cetak, dan obyek fisik. (e) evaluasi pembelajaran: observasi, skala sikap, dan laporan
wali kelas; (f) dampak pembelajaran bersifat individual dan institusional. (4) Evaluasi
kurikulum: (a) menjadi umpan balik untuk perbaikan kurikulum dan pelaksanaan
pembelajaran, (b) menginformasikan adanya hambatan, dan (c). dinyatakan efektif.
Menghilangnya monev dari Dikpora mengakibatkan bervariasinya penyelenggaraan
Pendidikan Karakter di sekolah.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view(s): 221 time(s)
PDF: 3103 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.