PENINGKATAN MUTU KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMK NEGERI 1 SALATIGA MENGHADAPI PKG 2016

Wida Damayanti(1*)

(1) SMK Negeri 1 Salatiga
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru 2015 yang belum efektif dan program supervisi akademik di SMK Negeri 1 Salatiga yang belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dari latar belakang tersebut permasalahan yang akan dibahas adalah; 1) Bagaimana Program Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Program Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga? 2) Apa kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Program PKG dan Program Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga? 3) Bagaimana cara mengatasi kendala-kendala program PKG dan Program Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga untuk menghadapi Penilaian Kinerja Guru 2016? Tujuan Penelitian ini adalah untuk ; 1) Memberikan gambaran mendalam tentang Program PKG dan Program Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga 2) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program PKG dan Program Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Salatiga 3) Memberikan masukan untuk perbaikan Program Supervisi Akademik untuk meningkatkan mutu kinerja guru di SMK Negeri 1 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah evaluasi program dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis program Penilaian Kinerja Guru dan supervisi akademik yang dijalankan dalam bentuk studi kasus (case study). Model Evaluasi penelitian ini adalah Goal free Evaluation Model  (Scriven) dengan SWOT Analysis (Strengths Weakness, Opportunities, Threats) IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan EFAS (Eksternal Factors Analysis Summary). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber informasi  penelitian adalah kepala sekolah, guru/ tenaga kependidikan dan tenaga non kependidikan di lingkungan SMK Negeri 1 Salatiga. Untuk mengecek keabsahan data, penulis menggunakan teknik triangulasi, yaitu 1) Triangulasi data 2) Triagulasi teknik 3) Triangulasi sumber. Hasil Penelitian dapat dideskripsikan bahwa Program Penilaian Kinerja guru dan Program Supervisi Akademik Pendidikan di SMK Negeri 1 Salatiga dengan manajemen lama belum efektifsehingga perlu perbaikan. Diperlukan model supervisi yang tepat yang diharapkan mampu membawa perubahan positif kearah peningkatan kinerja guru, dari model kepemimpinan lama yang masih membayangi langkah kepemimpinan baru saat ini. Gabungan Model Supervisi Akademik Artistik dan Cooperative Development secara sinergis dirasa lebih tepat untuk kondisi SMK Negeri 1 Salatiga yang memiliki SDM yang cukup memadai

Keywords

Peningkatan Mutu, Kinerja Guru, Supervisi Akademik, PKG 2016

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi dan Abdul Jafar, Cepi Safruddin,. 2014. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara

Badiali, Bernard J. 2008. Teaching Supervision (chapter 37). International journal of management education, December 2008.

Jeperis. 2012. Metode dan teknik supervisi pendidikan. http://jeperis.wordpress.com. 1 Desember 2012.

Lia Yuliana. 2012. Pelaksanaan supervisi pendidikan oleh kepala sekolah terhadap guru. Journal pendidikan UNY. Vol. 42. No. 2, Desember 2012.

Ma’mur, Asmani Jamal. 2012. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Jakarta: Diva Press

Makawimbang, Jerry H. 2011. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Obeeth. 2012. Kompetensi supervisi kepala sekolah. http://obeeth.wordpress.com. 1 Desember 2012

Wahyudi, Imam. 2012. Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Article Metrics

Abstract view(s): 1149 time(s)
PDF: 1759 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.