PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DENGAN PENGKOLABORASIAN MEDIA KONVENSIONAL DAN MODERN APLIKASI TAJWID DI BDK ACEH

Nurdin Nurdin

DOI: https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8238

Abstract

The problems in today's learning are low competence and the lack of the ability of teachers to use media in learning and collaborating with other media. In the process of learning the Qur'an Hadith, teachers are still dominant using conventional/traditional media such as markers, blackboards, textbooks, papers, and teachers only read while students imitate so that it leads to low student learning outcomes towards mastery of recitation. This study is intended to determine the competence of teachers in utilizing learning media and collaborating between conventional/traditional media with modern applications of recitation in Balai Diklat. This study uses a qualitative approach/method with a descriptive type. The technique of data collection is by interview, observation, and documentation, while the data analysis techniques are carried out in the phase of data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that, almost all the teachers in the Al-Qur'an hadith learning material Tajwid Sciences still used conventional media. Second, teacher competency in the Education and Training Center in learning is more improved and the learning process is more interesting with the collaboration of conventional media and modern media applications of recitation science. Conclusion: Nowadays in the learning process the teacher is still dominant using conventional learning media compared to modern media, the learning process is more interesting and the results are even more increased if the teacher collaborates conventional media with modern learning media, namely the Tajwid science application.

Keywords

instructional media, Adobe Flash CS6, students’ learning activeness, students’ learning outcome

References

Alam A.L., Kahar D.M. (2013). Rancangan Bangun Aplikasi Pembelajaran Pengetahuan Umum untuk Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Android. Makassar : STMIK Dipanegara Makassar.

Abdul Hadis dan Nurhayati. (2012). Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Aditya Wahyudha Yunanta, Analisis Kompetensi Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran PowerPoint pada Pembelajaran di SMK Negeri 6 Malang.

Aditiya Niarsa. 2013). Studi kompetensi guru dalam memanfaatkan mediapembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di SD NEGERI 01 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora, Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Cecep Kusnandi dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital, Bogor: Galia Indonesia.

Cut Yusi Rahmita. (2017). Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan Informasi dan Teknologi (IT) sebagai Media dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri 3 Banda Aceh, http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=19586, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 2, 126- 134.

Dian Rosdiana. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Komitmen Mengajar Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran Serta Implikasinya Pada Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi, Jurnal Penelitian Pendidikan is issued by Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Indonesia, ISSN: p.1412-565X e.2541-4135

Darmawiyah. (2017). Strategi Pembelajaran Fiqih Mawaris Pada Dayah Madinatuddiniyah Darul Huda Aloh Gadeng Dan Dayah Terpadu Madinatuddiniyah Jabal Nur Paloh Lada Di Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Didaktika Februari 2017 vol. 17, no. 2, 245-263

E. Mulyasa. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Helme Fajar Nurmeina, (2017). Media Pembelajaran Modern, https://civitas.uns.ac.id/helminurmeina/2017/05/03/media-pembelajaran-modern/

Husain, Chaidar. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Volume 2, Nomor 2.

Jejen Musfah. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru : Melalaui Pelatihandan Sumber Belajar Teori dan Praktik, Jakarta: Kencana.

Kunandar. (2009). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum TingkatSatuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: RajaWali Pers.

Lestari, Rajefi Ambar. (2016). Kompetensi guru dalam menggunakan media dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Miftahul Huda Kangkung Mranggen Demak

Musfah, Jejen. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

M.Ramli. (2015). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al Qur‟an danHadits Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan”,(Vol. XIII, No.I,April/2015),hlm.133-135

Niken Krysdianawati. (2012). Hubungan Kompetensi Guru dan Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar di Bidang TIKSMKN Se-Kabupaten Ponorog. Malang:Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2007). Media Pengajaran, Bandung:Sinar Baru Algesindo,2007.

N Krysdianawati. (‎2012). Hubungan Kompetensi Guru dan Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar di Bidang TIK SMKN Se-Kabupaten Ponorogo.

Republik Indonesia. (2005). Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara. Jakarta.

Risa Putri Wulandari. (2014). Pembelajaran Tradisional (Tradisional learning), blogspot.com/2014/11/pembelajaran-tradisional-trasitional.html

Rinu Larasati. (2017). Media pembelajaran, ttps://civitas.uns.ac.id/rinularasati/tag/media-pembelajaran-konvensional-dan-modern/

Siswoyo, Dwi. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Yusrizal, Intan Safiah, Nurhaidah. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Mediapembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 2,126-134

Ziyad fauzi Ahmad. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Mawaris Untuk Mata Pelajaran Agama Islam Kelas XII Di SMA Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta. E-Jurnal Program Studi Teknologi Pendidikan, Vol-6, no.6.

Article Metrics

Abstract view(s): 81 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 70 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.