EFEKTIFITAS PENGGUNAN MEDIA DALAM MERAIH CALON MAHASISWA BARU: STUDI KASUS PADA LIMA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA

Djalal Fuadi(1*)

(1) Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis media paling efektif, yang dapat digunakan
untuk memperoleh calon mahasiswa baru bagi perguruan tinggi. tujuan lain adalah untuk memperoleh gambaran berbagai alternatif media yang dapat digunakan untuk menyebarluaskan informasi keberadaan sebuah perguruan tinggi.

Penelitian multiple case studi ini menggunakan subyek penelitian meliputi mahasiswa baru tahun
akademik 2010-2011 pada lima perguruan tinggi swasta di Surakarta, meliputi : UMS, UNISRI, UTP, UNIBA, dan UNIVET. pengambilan sampel dengan random untuk mengambil 50 secara incidential untuk setiap perguruan tinggi. Data dikumpulkan melalui angket. Selanjutnya data dianalisis menggunakan Analisis Varian Klasifikasi Tunggal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata jumlah media yang berhasil mempengaruhi kelima
PTS berbeda satu dengan yang lain, 2) variasi dan banyak model publikasi mempengaruhi jumlah calon mahasiswa pendaftar, 3) jenis media yang memiliki efektifitas tinggi adalah; mahasiswaPTS itu sendiri, Forum mahasiswa Daerah, spanduk, anjangsana ke sekolah-sekolah, dan iklan urdoor.

Keywords

Media, Calon Mahasiswa dan Perguruan Tinggi Swasta

Full Text:

PDF

References

Cutlip, Center dan Broom. 2002. Effective Public Relations, Eight ed, Prentice-Hall International Inc. New Yersey, USA.

Ferguson, GA. 1981. Statistic Analysis in Psikology and Educations, Aucland: Mc Graw-Hill.

Grunig, James E. 1992. Exellence in Public Relations and Communications Management, New Yersey, lawrence Ltd, Baum Associates Publisher.

Kasali, Renald 1994. Manajemen Public Relations, Konsep dan Aplikasi di Indonesia, Pustaka Utama Grafiti, Jakarta.

Kotler, Philip. 1988. Manajemen Pemasaran: Analisa, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Bahasa Indonesia, PT Prenhallindo, Jakarta.

Keegen, Warren J. 2002. Global Marketing Management, Seventh ed, Prentice-Hall International, Inc, New Yersey, USA.

Moore, Frazier. 1981. Public Relations, Principles, Cases and Problems, Homewood, Richard D Irwin, Inc.

Rahmadi. F. 1994. Public Relations dalam Teori dan Praktek, Gramedia, Jakarta.

RI Levin & Rubin. 1998. Statistic for Managament, Seventh ed, Mc Graw-Hill.

Russel, Thomas, J., Lane Ronald W. 1992. Tata Cara Periklanan Kleppner, Buku Pertama, PT. Gramedia, Jakarta.

Supratiknya. 2000. Statistik Psikologi, PT Grasindo, Jakarta

Sutrisno Hadi. 1983. Analisis Regresi, Yogyakarta, Andi Offset.

Wells, William. 1992. Advertising Principles & Practice, Fourth ed, Prentice-Hall International Inc, New Yersey, USA.

Article Metrics

Abstract view(s): 287 time(s)
PDF: 91 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

ISSN: 2541-4569

Hosted by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.