PROFIL DAN POTENSI EKONOMI PEREMPUAN DI PASAR TRADISIONAL SURAKARTA SEBAGAI BASIS PEREKONOMIAN RAKYAT

Joko Sutarso(1), Ahmad Muhibbin(2*)

(1) Program Studi Ilmu Komunikasi FKI Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi PPKn FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan dan menjelaskan potensi perempuan dalam aktivitas
perdagangan di pasar tradisional Surakarta dalam perspektif jender. Penelitian ini dilakukan di dua pasar tradisional di Surakarta, yaitu Pasar Kadipolo dan Pasar Sidodadi Kleco. Desain penelitian ini dengan menggunakan survey langsung ke lapangan sehingga diperoleh data atau informasi kualitatif, sehingga hasilnya dianalisis dengan analisa kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perdagangan di pasar tradisional memiliki resistensi yang cukup besar dalam menghadapi
krisis ekonomi. Dengan sliding price system membuat persaingan antar pedagang menjadi relatif kecil dengan demikian monopoli dapat dihindarkan, sehingga memiliki potensi menjadi basis ekonomi kerakyatan. Relasi suami istri yang sama-sama bekerja berlangsung lebih terbuka dan egaliter daripada di kalangan menengah atas terutama di kalangan priyayi.

Keywords

Potensi perempuan, perdagangan, pasar tradisional, perekonomian rakyat, jender

Full Text:

PDF

References

Abdulah, Irwan. 1989. Wanita Bakul di Pedesaan Jawa. Yogyakarta: Penelitian Kependudukan UGM.

Dewey, A. G. 1992. “Pola Perdagangan dan Keuangan dalam Pemasaran Tani di Jawa” dalam Sajogja dan Pujiwati Sajogja. 1992. Sosiologi Pedesaan Jilid I. Yogyakarta: Gajah Mada

University Press.

Djie, Liem Twan. 1995. Perdagangan Perantara Distribusi Orang-orang Cina di Jawa: Suatu Studi Ekonomi. Jakarta: KITLV dan PT Gramedia.

Faisal, Sanapiah. 1992. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: CV Rajawali

Geertz, Clifford. 1976. Involusi Pertanian. Jakarta: Jakarta: Bhratara.

Geertz, Clifford. 1992. Penjaja dan Raja: Perubahan Sosial dan Modernisasi Ekonomi di Dua Kota di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Jonge, Huub de. 1989. Madura dalam Empat Zaman: Pedagang, Perkembangan Ekonomi dan Islam (Suatu Studi Antropologi Ekonomi). Jakarta: KITLV dan PT Gramedia.

Murniati, Nunuk P. 2001. Gerakan Ekonomi Perempuan Sebagai Basis Ekonomi Rakyat: Sebuah Refleksi Pengalaman Lapang. Jakarta: PT. Bina Rena Pariwara.

Soto, Hernando de. 1992. Masih Ada Jalan Lain: Revolusi Tersembunyi di Negara Dunia Ketiga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Suyanto, Bagong. 1996. Kemiskinan dan Kebijakan Pembangunan: Kumpulan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Aditya Media.

Article Metrics

Abstract view(s): 280 time(s)
PDF: 364 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.