PENERAPAN PRINSIP WADI’AH, MUDHARABAH, DAN MURABAHAH PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH : STUDI PADA BMT AL-HIKMAH UNGARAN TIMUR

nur hamidah

DOI: https://doi.org/10.23917/jurisprudence.v7i2.3843

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip wadi’ah, mudharabah, dan murabahah pada BMT AL-HIKMAH. Kedua, mengetahui apakah penerapan prinsip wadi’ah, mudharabah, dan murabahah pada BMT AL-HIKMAH dilakukan sesuai dengan prinsip syariah yang berlaku. Dan Ketiga, untuk mengetahui Bagaimana penerapan prinsip wadi’ah, mudharabah, dan murabahah pada BMT AL-HIKMAH yang sesuai dengan prinsip syariah yang berlaku. Setelah diadakan penelitian lebih rinci maka diperoleh hasil bahwa BMT AL-HIKMAH sebagai lembaga keuangan syariah telah menerapkan prinsip wadi’ah, mudharabah, dan murabahah sesuai dengan prinsip hukum syariah yang berlaku.

Keywords

prinsip wadi’ah, prinsip mudharabah, prinsip murabahah, prinsip syariah, lembaga keuangan syariah.

References

Handoko T. Hani, 1995, Manajemen, Yogyakarta : BPFE, Edisi Dua.

Irena Widyastuti, Nur Hamidah, 2016, Sistem Operasional dan Pemasaran BMT AL-HIKMAH, Semarang : Fakultas Ekonomi UNISSULA, Laporan Magang.

Muhammad, 2002, Manajemen Bank Syariah, Yogyakarta : AMP YKPN.

Muthaher, Osmad, 2012, Akuntansi Perbankan Syariah, Yogyakarta : Graha Ilmu, Edisi Pertama.

Sudarsono, Heri, 2003, Bank dan Lembaga Keuangan Syari’ah Deskripsi dan Ilustrasi, Yogyakarta: Ekonisia, hal 57.

Triandini, Hendri, 2013, Pengaruh Layanan Jemput Bola Produk Funding Terhadap DPK dan Jumlah Nasabah: Studi Pada BPRS Artha Karimah Irsyadi, Jurnal Etikonomi Vol. 12 No. 2, Oktober 2013. Hlm. 131-148.

Ulfa, Lailatul, 2011, Pengaruh Strategi Pemasaran Jemput Bola Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah di UJKS BMT Mitra Umat Pekalongan, Pekalongan: STAIN Pekalongan.

Wiroso,2005, Penghimpunan Dana dan Distribusi Hasil Usaha Bank Syariah, Jakarta: PT. Gramedia WidiasaranaIndonesia, hlm.22-23.

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.