MODEL PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN TERHADAP PERIKLANAN SURAT KABAR (STUDI KASUS SURAT KABAR LOKAL DI SURAKARTA)

Muhammad Khoiruman(1*),

(1) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/jurisprudence.v5i2.4228

Abstract

Posisi konsumen terhadap pengusaha bisa terbilang lemah dalam dunia perdagangan. Secara normatif, hak hak konsumen dalam hubungan industri dilindungi oleh Undang Undang. Salah satu hak yang dimiliki konsumen adalah Hak akan informasi yang benar. Namun dunia usaha melalui jasa periklanan, tidak jarang membuat informasi yang menyesatkan dan tidak memberikan informasi yang utuh kepada konsumen. Perlindungan terhadap konsumen dari iklan di surat kabar sudah terakomodasi dalam UU No: 8/1999 tentang Perlindungan konsumen, UU No: 40/1999 tentang PERS, UU No:7 th 1196 Tentang Pangan, dan PP No.69 tentang Label dan Iklan Pangan. Dalam penelitian ini, banyak iklan yang ditayangkan di surat kabar menyimpang dari ketentuan perundangan yang berlaku. Adapun perlindungan hukum bagi konsumen adalah : Pembentukan undang-undang periklanan, penetapan pasal tentang badan sensor iklan media cetak, penetapan pasal yang mewajibkan untuk mengumumkan secara terbuka iklan yang menyesatkan kepada masyarakat luas, penetapan pasal tentang standarisasi format iklan di surat kabar dan peningkatan peran lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat.

Keywords

iklan sesat, perlindungan hukum konsumen, periklanan

Full Text:

PDF

References

Arif , Barda Nawawi. 2001 Masalah Penegakan Hukum Dan Kebijakan Penanggulangan Kejahatan, PT Citra Aditya Bakti. Bandung

Atmasasmita,Romli,Pengantar Hukum Kejahatan Bisnis (Busines Crime), Kencana, Jakarta.

Fachrudin, Andy. 2004. Dasar-dasar Penyiaran.Pusat Pengembangan Bahan Ajar UMB, Medan.

Hadisoeprato,Hartono.2004. Pengantar Tata Hukum Indonesia, Liberty.Yogyakarta

Hamblin, C. and Wright, F.B. 1988. Introduction to Commercial Law. Sweet and Maxwell. London.

Handler, Milton. 1972, Business Tort, Case and Materials. Foundation Press. New York.

Harianto Dedy, 2010. Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Iklan Menyesatkan, Ghalia Indonesia, Bogor

Harold P. Weinberger,Jonathan M. Wagner And Norman C. Simon. 2002. Testing Key In False Advertising Cases New York Law Journal

Lowe, B.W. 1993. Periklanan Yang Efektif.: Elex Media Komputindo. Jakarta.

Lysonski, Steven, dan Duffy, Michael F. 1992. “The New Zealand Fair Trading Act of 1986: Deceptive Advertising”, The Journal of Consumer Affair, Vol. 26. Madison.

Miru, Ahmadi, dan Yodo, Sutarman. 2004. Hukum Perlindungan Konsumen, PT Raja Grafndo. Jakarta

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Nasuition, AZ, 2001 Hukum Perlindungan Konsumen (Suatu Pengantar), Daidit Media, Yogyakarta

Nurmadjito. 2000. “Kesiapan Perangkat Peraturan Perundang-Undangan Tentang Perlindungan Konsumen di Indonesia” dalam Syawali, Husni (ed) Hukum Perlindungan Konsumen. Mandar Maju. Bandung.

PP No.69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan (Lembaran Negara Republik Indonesia No.131 Tahun 1999) Republik Indonesia,

Undang-undang No.7 Tahun 1996 tentang Pangan (Lembaran Negara Republik Indonesia No.99 Tahun 1996) Republik Indonesia,

Undang-undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Lembaran Negara Republik Indonesia No.42 Tahun 1999) Republik Indonesia,

Undang-Undang Tentang Pers (lembaran negara republik Indonesia no.166 th 1999)

Shimp,Terence A.,2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi ke 5, Diterjemahkan oleh Revyani Sjahrial,Dyah Anikasi.Erlangga. Jakarta.

Shofe, Yusuf. 2009. Perlindungan Konsumen & Instrumen-Instrumen Hukumnya. PT Citra Aditya Bakti. Bandung

Siahaan, NHT.2005. Hukum Perlindungan Konsumen Dan Tanggung Jawab Produk.:PantaRei. Jakarta

Soekanto, Soerjono. 1997. Pokok-pokok Sosiologi Hukum. PR Radja Grafndo Persada. Jakarta

Sugihantoro, 2009 . Modul Pengantar Periklanan, Pusat Pengembangan Bahan Ajar, UMB, Medan

Sumartono. 2002, Terperangkap Dalam Iklan , Alfabeta. Bandung.

Tjiptono Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 1417 time(s)
PDF: 1305 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.