Penerapan Single Page Application pada Proses Pengisian Online Data Rencana Studi Mahasiswa

Aryani Ristyabudi(1*), Husni Thamrin(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v2i1.1727

Abstract

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah membangun aplikasi berbasis web untuk pengisian data rencana studi mahasiswa dan menerapkannya selama belasan tahun. Paper ini mendeskripsikan sebuah studi untuk mempertimbangkan penerapan konsep Single Page Application (SPA) ke dalam aplikasi tersebut. SPA adalah merupakan teknik baru yang menggunakan satu halaman web saja untuk beberapa tahap dalam satu kesatuan aktivitas. Penerapan SPA dalam proses pengisian data rencana studi dilakukan menggunakan teknologi web termutakhir yaitu HTML5 dan AngularJS. Kinerja aplikasi yang baru diukur dengan mencermati jumlah data yang ditransfer dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian data rencana studi seorang mahasiswa. Penggukuran dilakukan menggunakan Wireshark. Hasil pengujian membuktikan bahwa pengisian data rencana studi menggunakan aplikasi dengan SPA membutuhkan transfer data kurang dari sepersepuluh dari proses menggunakan aplikasi tanpa SPA. Aplikasi dengan SPA menghemat total waktu yang dibutuhkan selama proses pengisian data menjadi sepertiga dari waktu yang diperlukan jika proses dilakukan menggunakan aplikasi tanpa SPA.

Full Text:

PDF

References

Tim Penyusun, Buku Panduan Akademik, Surakarta:

Fakultas Komunikasi & Informatika, 2012.

____,SistemInformasiAkademik,2014.Diaksesdari https://akademik.ums.ac.id/ tanggal 25 Maret 2016.

M. A. Jadhav, B.R. Sawant & A. Deshmukh, “Single Page Application using AngularJS,” dalam International Journal of Computer Science and Information Technologies, 6 (3), hal. 2876, 2015.

M.S. Mikowski & J.C. Powell, Single Page Web Application. Shelter Island: Manning Publications Company, 2014.

U. Lamping, R. Sharpe & E. Warnicke, Wireshark User’s Guide: For Wireshark 2.1. Boston: The Free Software Foundation, 2014.

D.T. Massandy, & I.R. Munir, “Secured video streaming development on smartphones with android platform,” In Telecommunication Systems, Services, and Applications (TSSA), 7th International Conference on, hal. 339-344, IEEE, 2012.

H. Thamrin, “Beban Jaringan Saat Mengakses Email Dari Beberapa Mail Server,” in Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik, 1(1), 2010.

R.J. Joseph, “Single Page Application and Canvas Drawing,” International Journal of Web & Semantic, 6 (1): 29 – 30, 2015.

Article Metrics

Abstract view(s): 1339 time(s)
PDF: 2699 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.