Aplikasi Augmented Reality Game Edukasi Untuk Pengenalan Organ Tubuh Manusia

Endah Sudarmilah(1*), Pungky Ary Wibowo(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Informatika, Fakultas Komunikasi Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v2i1.1945

Abstract

Organ manusia merupakan alat yang sangat vital dalam tubuh manusia. Pada prakteknya, pengenalan organ manusia pada siswa sekolah dasar membutuhkan alat peraga tiga dimensi yang hanya dimiliki oleh sekolah. Sedangkan anak usia sekolah dasar cenderung lebih tertarik dengan hal-hal yang baru. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi untuk menjembatani kedua permasalahan tersebut dengan aplikasi augmented reality game edukasi  untuk menarik minat dan membantu belajar siswa pada organ tubuh manusia yang dilakukan pada penelitian ini. Metode yang digunakan adalah prototyping yang merupakan bagian dari metode SDLC (System Development Life Cycle). Aplikasi augmented reality game edukasi untuk pengenalan organ tubuh manusia adalah hasil dari penelitiannya yang akan dijelaskan pada paper ini.

Full Text:

PDF

References

E. Sudarmilah, R. Ferdiana, L. Edi Nugroho, A. Susanto, and N. Ramdhani, “Tech Review: Game Platform for Upgrading Counting Ability on Preschool Children,” in Proceeding of 2013 International Conference on Information Technology and Electrical Engineering, Yogyakarta, Indonesia, 2013.

M. Bower, C. Howe, N. McCredie, A. Robinson, and D. Grover, “Augmented reality in Education #x2014; Cases, places, and potentials,” in Educational Media (ICEM), 2013 IEEE 63rd Annual Conference International Council for, 2013, pp. 1–11.

S. Feiner, B. Macintyre, and D. Seligmann, “Knowledge-based Augmented Reality,” Commun ACM, vol. 36, no. 7, pp. 53–62, Jul. 1993.

R. S. Pressman, Software engineering: a practitioner’s approach. McGraw-Hill Higher Education, 2010.

B. Beizer, Black-Box Testing: Techniques for Functional Testing of Software and Systems. Wiley, 1995.

J. Chen and A. K. Gupta, Parametric Statistical Change Point Analysis: With Applications to Genetics, Medicine, and Finance. Springer, 2011.

Article Metrics

Abstract view(s): 3653 time(s)
PDF: 2328 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.