Aplikasi Sparta (Sistem Perencanaan Untuk Usaha Kecil Menengah)

Rahmandani Herlambang(1*), Agus Makmum(2), Bella Brylian(3), Aldino Kemal Adi Gumawang(4), Husni Thamrin(5),

(1) Program Studi Informatika UMS
(2) Program Studi Informatika UMS
(3) Program Studi Teknik Industri UMS
(4) Program Studi Informatika UMS
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v2i1.1991

Abstract

Usaha Kecil Menengah(UKM) merupakan sebuah kegiatan ekonomi rakyat produktif berskala kecil di bidang industri kelas menengah kebawah. Dalam  menghadapi  ketatnya persaingan bisnis metode SWOT sering digunakan untuk menganalisa prospek ke depan usaha dengan mempertimbangkan kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) yang ada pada usaha tersebut. Namun untuk melakukan analisis SWOT dengan baik, diperlukan kecermatan menggali fakta di lapangan dan menempatkan pernyataan faktual pada komponen SWOT yang sesuai. Upaya ini membutuhkan waktu cukup lama karena umumnya dilakukan dengan cara manual. Untuk mengurangi masalah waktu, telah dibuat sebuah aplikasi yang dapat mengungkap serta menganalisa fakta dilapangan untuk membantu perencanaan strategis pada UKM dengan metode SWOT. Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melakukan analisis SWOT menggunakan cara manual memerlukan waktu lama dikarenakan pada perhitungan manual dibutuhkan 8 tahap antara lain wawancara, memetakan setiap kondisi kedalam butir SWOT, menentukan bobot, menentukan rating, menentukan skor, perhitungan, gambar grafik, dan solusi strategis. Sedangkan  dalam melakukan analisis SWOT menggunakan software aplikasi SPARTA hanya membutuhkan waktu tidak kurang dari 15 menit. Manfaat menggunakan aplikasi SPARTA diharapkan dapat membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam mengungkap serta menganalisa fakta di lapangan untuk membantu dalam menentukan perencanaan usaha.

Full Text:

PDF

References

DPR Rep. Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Kecil, Mikro dan Menengah, Web Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (diakses Septermber 2015).

Koran Sindo, UKM Harus Tingkatkan Daya Saing, Web Kemenperin (http://www.kemenperin.go.id) (diakses September 2015).

________, Sebanyak 60 Perusahaan Terancam Pailit, Web Kemenperin (http://www.kemenperin.go.id) (diakses September 2015).

F. Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2014.

F. Rangkuti, SWOT BALANCED SCORECARD, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2015.

C. Priyatno, Analisis Swot, (https://www.scribd.com/doc/299397971/Analisis-Swot-Kelompok-4).

S. C. Ardy. “APLIKASI ANALISIS SWOT UNTUK PENENTUAN STRATEGI BERSAING BAGI PT PEGADAIAN CABANG GADING”, Skripsi, UNS, 2015.

A.S. Rosalinda, D. Rimantho, & M. Djamaloes, “Aplikasi SWOT pada pengelolaan limbah elektronika Studi kasus kota Surabaya,” in Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri BKSTI, 2014.

WikiWealth, Free SWOT Analysis Generator. http://www.wikiwealth.com/swot-analysis-generator (diakses Juni 2016)

MindTools, SWOT Analysis, Discover New Opportunities, Manage and Eliminate Threats. https://www.mindtools.com/pages/article/newTMC_05.htm (diakses Juni 2016)

J. A. Wiid, M. C. Cant, and L. Holtzhausen, "SWOT analysis in the small business sector of South Africa," in Corporate Ownership and Control, vol. 13, no. 1, pp. 446-453, 2015.

S. Machmud, and I. Sidharta. "Business Models For SMEs In Bandung: SWOT Analysis," in Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship vol. 8, no. 1, pp. 51-61, 2014.

Article Metrics

Abstract view(s): 879 time(s)
PDF: 686 time(s)

Refbacks