Perancangan Master Plan Sistem Informasi Akademik STT Dharma Iswara Madiun

Hani Atun Mumtahana(1*), Wing Wahyu Winarno(2), Andi Sunyoto(3),

(1) 
(2) STIMIK AMIKOM Yogyakarta
(3) STIMIK AMIKOM Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v2i2.2145

Abstract

Teknologi Informasi dan Sistem Informasi sudah menjadi hal paling mendasar dalam suatu organisasi dalam menjalankan proses bisnis. Perkembangan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi (TI/SI) yang baik harus direncanakan dengan baik. Master Plan merupakan suatu pedoman jangka pendek, menengah dan jangka panjang dalam pengembangan TI/SI suatu organisasi/perusahaan. Dalam menjalankan proses bisnis yang disesuaikan dengan Visi, Misi dan Tujuannya, STT Dharma Iswara Madiun lebih menitik beratkan pada Pelayanan Bidang Akademik (disesuaikan dengan gambaran Portofolio Aplikasi). Untuk menghasilkan pelayanan yang prima dalam bidang Akademik, perancangan Master Plan Sistem Informasi Akademik merupakan salah satu cara untuk membuat perencanaan jangka panjang pemeliharaan Sistem Informasi Akademik. Pada penelitian ini perancangan Master Plan Sistem Informasi Akademik dilakukan dengan perumusan Rencana Strategis STT Dharma Iswara Madiun, membuat arsitektur Sistem Informasi dengan framework Zachman 4 kolom (data (what), function (how), network (where) dan people (who)) dan 3 baris (planner, owner dan designer). Hasil penelitian ini berupa rencana pengembangan Sistem Infromasi Akademik dalam bentuk Master Plan pada jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

References

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, (2016) Pangkalan Data Perguruan Tinggi. [Online]. forlap.dikti.go.id

Menteri Badan Usaha Milik Negara, "Panduan Penyusunan Pengelolaan Teknologi Informasi Badan Usaha Milik Negara," Peraturan Pemerintah PER-02/MBU/2013, 2013.

B.Rassameethes, "Analysis and Integrastion of Thailand ICT Master Plan," International Journal of Synergy and Research, p. 77, 2012.

D.R. Wijaya, "Rencana Induk Pengembangan Sistem Informasi Politeknik Telkom Menggunakan Enterprise Architecture Planning (EAP)," 2012.

Jamaludin, H. Ashar A. Sumardin, "Masterplan Penerapan E-Learning menggunakan Teknologi Data Grid dengan Pendekatan IT Governance Design Framework," vol. 4, no. 1, 2011.

R.E.Indrajit, "RENSTRA TIK," Metodologi Penyusunan Rencana Strategi (Master-Plan) TIK, no. 007, 2012.

Z.A. Hasibuan, Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Jakarta, Infonesia: Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia, 2007.

Robinson Pearce, Manajemen Strategis, Formulasi Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat, 2008.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, (2016) Data Pokok Sekolah Menengah Kejuruan. [Online]. datapokok.ditpsmk.net

Jhon A. Zachman, The Zachman Framework For Enterprise Architecture., 2003.

K Surendro, "Pemanfaatan Enterprise Architecture Planning untuk Perencanaan Strategis Sistem Informasi," Jurnal Informatika, vol. Vol.8 , no. No. 1, p. 2, Mei 2007.

Article Metrics

Abstract view(s): 3055 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 1914 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.