Sistem Rekomendasi Pemilihan Sekolah Menengah Tingkat Atas Menggunakan Metode Naive Bayes

Triana Dewi Salma(1*), Yusuf Sulistyo Nugroho(2),

(1) Program Studi Informatika, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v2i2.2306

Abstract

Setiap tahun pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkembang seiring dengan semakin bertambahnya jumlah sekolah atau lembaga pendidikan. Sementara itu berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen, bertambahnya jumlah sekolah yang berdiri juga diimbangi dengan jumlah siswa yang semakin meningkat pada tiap tahunnya. Sekolah-sekolah ini tidak jarang didirikan dalam jarak yang berdekatan dalam satu wilayah seperti halnya dengan sekolah menengah atas sederajat di kota Sragen. Dewasa ini, sekolah tersebut tidak hanya bersaing dalam hal akademik melalui prestasi sekolah maupun akreditasi, namun juga bersaing dalam mutu pendidikan yang baik untuk menarik minat calon siswa. Namun, permasalahan yang sering dihadapi yaitu banyak faktor-faktor yang akhirnya melatarbelakangi siswa untuk memilih sebuah calon sekolah baik faktor eksternal sekolah maupun internal. Sehingga siswa dituntut cerdas dalam menentukancalon sekolah terbaik dan sesuai dengan kriterianya. Penelitian ini dilakukan dalam rangka membantu siswa  untuk memilih calon sekolah menengah tingkat atas terbaik sesuai dengan kriteria-kriteria yang diinginkan. Penerapan metode Naïve Bayes digunakan dalam penelitian ini untuk merekomendasikan calon sekolah terbaik bagi siswa dengan memanfaatkan data sekolah menengah atas di Kota Sragen. Metode Naïve Bayes diterapkan untuk mencari probabilitas terbesar dari semua instance pada atribut target seperti jarak, biaya SPP, akreditasi, tingkat kelulusan dan nilai rata-rata minimal UAN. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah sistem rekomendasi yang dapat membantu menyajikan informasi sekolah-sekolah menengah atas yang sesuai dengan kriteria. Sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi siswa untuk memilih calon sekolah menengah atas yang terbaik sesuai dengan kriteria yang diajukan.

Keywords

data mining, Naive Bayes, pemilihan sekolah, sekolah menengah tingkat atas, sistem rekomendasi.

References

Kemendikbud. 2012. Ikhtisar Data Pendidikan Tahun 2011/2012. Pusat data dan statistik pendidikan, Sekretariat jendral kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan & BPS Sragen, 2010. [online] Available at http://www.sragenkab.go.id/home.php?menu=50 [Acessed 1 Oktober 2015].

Purnamasari, H.J. 2011. Program Bantu Pemilihan Tempat Kost di Yogyakarta Berbasis Web Menggunakan Metode Naïve Bayes. Undergraduate thesis, Duta Wacana Christian University.

Uyun, Shofwatul. & Madihatun, Yuni. 2011. Model Rekomendasi Berbasis Fuzzy Untuk Pemilihan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Jurnal Informatika. No. 1 / Vol.5 / January 2011. Yogyakarta: Program Studi Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Fuadillah. 2011. Sistem Aplikasi Penunjang Keputusan Pemilihan Sekolah Menengah Atas Sederajat Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Criteria Decision Making (FMCDM). Skripsi. Program Studi Sistem Informasi. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Banjarbaru.

Nugroho, Yusuf Sulistyo. Ulinnuha, Agus. & Aji, Nuruddin Nova Sekti. 2013. Seleksi Sekolah Lanjutan Menggunakan Analytic Hierarchy Process. KomuniTi, Vol. V, No. 2 September 2013. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Al-Janabi, S., & Janicki, R. 2016. A density-based data cleaning approach for deduplication with data consistency and accuracy. 2016 SAI Computing Conference (SAI). London, UK.

Prasetyo, Eko. 2012. Data Mining konsep dan Aplikasi menggunakan Matlab Data Mining konsep. Penerbit Andi. Yogyakarta

Yang, B. Lei, Y. & Yan, B. 2016. Distributed Multi-Human Location Algorithm Using Naive Bayes Classifier for a Binary Pyroelectric Infrared Sensor Tracking System. IEEE Sensors J. IEEE Sensors Journal, 16(1), 216-223.

Nugroho, Yusuf Sulistyo. & Haryati, Syarifah N. 2015. Klasifikasi dan Klustering Penjurusan Siswa SMA Negeri 3 Boyolali . Jurnal Khazanah Informatika Vol. I No. 1 Desember 2015

Article Metrics

Abstract view(s): 1522 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 1206 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.