Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran

Hani Atun Mumtahana, Sekreningsih Nita, Adzinta Winerawan Tito

DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v3i1.3309

Abstract

UMKM merupakan salah satu usaha Mikoro yang memberdayakan Industri Rumahan. UMKM Indonesia meemiliki kontribusi sebersar 15.8% terhadap rantai pasok produksi global di tingkat Asean. Perkembangan UMKM dari tahun ke tahun dipengaruhi dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi. E-commerce merupakan salah satu teknologi yang mendukung perkembangan UMKM dan perdagangan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang pemanfaatan Teknologi E-Commerce dalam peningkatan strategi pemasaran produksi. Teknologi E-commerce dibangun dengan mengunakan aplikasi berbasis webside, sehingga para pelaku usaha dapat mempromosikan hasil usaha dengan mudah. Sasaran utama pemanfaatan Teknolohi E-commerce ini adalah UMKM Industri Kerajinan Kulit di  Magetan. Dari hasil uji coba dan evaluasi yang dilakukan pada Koperasi Mahasiswa STT Dharma Iswara Madiun, menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan Teknologi E-commerce memenuhi strategi pemasaran produk yang dapat berdampak pada peningkatan pendapatan.

Keywords

UMKM, e-commerce, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Industri Kerajinan Kulit, Koperasi

References

Agustin, Eva M.S, "Persepsi Penggunaan Aplikasi Internet untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah," in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), Yogyakarta, 2007, pp. J-13.

Haryanti, Sri. Tri Irianto, "Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus," Jurnal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, vol. Vol. 3, no. 1, pp. 8-14, 2011.

Firdayanti Restika, "Persepsi Resiko Melakukan E-Commerce dengan Kepercayaan Konsumen dalam Membeli Produk Fashion Online," Journal of Social and Industrial Psychology, vol. I, no. 1, pp. 1-7, 2012.

Mumtahana, Hani Atun. Sekreningsih Nita, "Analisis Optimalisasi Penggunaan Teknologi Informasi dalam peningkatan Kualitas dan Pemasaran Produksi Kulit Magetan," in Seminar Nasional Teknik dan Manajemen Industri, Malang, 2015, pp. IV-22 - IV 27.

Z.A. Hasibuan, Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Jakarta, Infonesia: Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia, 2007.

S Balaji and Dr. M. Sundararajan Murugaiyan, "Waterfall Vs V-Model Vs Agile : A Comparative Study On SDLC," International Journal of Information Technology and Business Management, vol. II, no. 1, pp. 26-29, June 2012.

Adi Supriyatna, "Analisis dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan dengan Menggunakan PIECES Framework," Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. XI, no. 1, pp. 43-52, Maret 2015.

Adi Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta, Indonesia: Andi Yogyakarta, 2010.

Bambang Hariyanto, Rekayasa Sistem Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, Bandung, 2004.

Article Metrics

Abstract view(s): 10347 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 3404 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.