Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer untuk Diagnosis Gangguan Layanan INDIHOME di PT TELKOM Magelang

Endang Lestari(1*), Emilya Ully Artha(2),

(1) Muhammadiyah Magelang Univerity
(2) Universitas Muhammadiyah Magelang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/khif.v3i1.3342

Abstract

Indihome (Indonesia Digital Home) merupakan salah satu produk triple play dari PT Telkom  berupa paket layanan telekomunikasi telepon rumah (voice), internet (internet on fiber), dan layanan tv kabel. Layanan Indihome berkembang cukup pesat. Namun demikian kontinuitas akses layanan PT Telkom ini masih mengalami berbagai gangguan sehingga kualitas layanan belum optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibuatlah aplikasi diagnosis gangguan layanan yang menggunakan metode Dempster Shafer, yaitu metode untuk mengukur nilai kepercayaan terhadap hasil analisis yang ditampilkan. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem pakar yang mendiagnosis gangguan layanan Indihome. Sistem secara otomatis memberikan hasil diagnosis dengan menampilkan jenis gangguan beserta solusinya berdasarkan gejala gangguan yang dialami. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa sistem pakar dengan menggunakan metode Dempster Shafer untuk menangani ketidakpastian data saat diagnosis gangguan layanan Indihome sangat membantu dalam mengatasi masalah kualitas pelayanan yang menurun.

Keywords

sistem pakar; gangguan jaringan; diagnosis; Dempster Shafer

References

Shu-Hsien Liao, "Expert System Methodologies and Applications-a decade review from 1995 to 2004," Expert systems with applications, vol. 28, no. 1, pp. 93-103, 2005.

Kusrini, Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. C.V Andi Offset, Yogyakarta, 2006.

F.T.M. Aditya, Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Kerusakan Handphone Dengan Metode Dempster Shafer. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang, 2014.

Hamid Reza Pourghasemi, Biswajeet Pradhan, Candan Gokceoglu, and Kimia Deylami Moezzi, "A comparative assessment of prediction capabilities of Dempster-Shafer and weights-of-evidence models in landslide susceptibility mapping using GIS," Geomatics, Natural Hazards and Risks, vol. 4, no. 2, pp. 93-118, 2013.

F. Erhan, F. Jaka, Parmahaki, P. Raden, Sistem Pakar Mengidentifikasi Gangguan Sambungan Telepon PT.TELKOM. Makalah Penelitian Ilmu Komputer. Universitas Pakuan, Bogor, 2004.

Suhendra, I.B. Ramdan, A. Faisal, T.L. Iga, Y. Dewi, “Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Sambungan Telepon,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia di STMIK AMIKOM, Yogyakarta, 2015.

Suvasini Panigrahi, Amlan Kundu, Shamik Sural, and Arun K. Majumdar, "Use of Dempster-Shafer theory and Bayesian Inferencing for Fraud Detection in Mobile Communication Network," in Australian Conference on Information Security and Privacy, Australia, 2007, pp. 446-460.

Article Metrics

Abstract view(s): 6149 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 4275 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.